Baghdad LiputanIslam.com –  Komandan Pasukan Kontra-Terorisme Irak Letjen Abdul Ghani al-Asadi mengumumkan dimulainya babak kedua operasi pembebasan “sisi kiri” (bagian timur) kota Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, dan menyebutkan bahwa pasukan Irak terus bergerak maju mendesak kawanan teroris takfiri ISIS yang “sudah berantakan”.

“Pada pagi hari ini pukul 07.00 telah dimulai babak kedua operasi pengembalian sisi kiri kota Mosul. Satuan-satuan pasukan kami bergerak menuju sasaran-sasarannya di kawasan al-Quds di kota ini,” ungkap al-Asadi, Kamis (29/12/2016).

Sebelumnya, wakil gubernur provinsi Nineveh Nuruddin Qabalan dalam wawancara dengan Ain al-Iraq News mengatakan bahwa babak kedua operasi itu akan segera dimulai dan akan berlangsung lebih cepat daripada babak pertama.

Dia menambahkan bahwa sampai sekarang tidak terjadi pelanggaran sama sekali terhadap hak-hak warga setempat, operasi berjalan di kerangka yang benar dan sah, sementara ISIS gencar melesatkan roket-roket ke kawasan permukiman hingga berpotensi menjatuhkan korban warga sipil.

Divisi 9 Pasukan Lapis Baja di Nineveh menyatakan 20 anggota ISIS tewas dan beberapa bom mobil mereka hancur di bagian tenggara provinsi ini.

“Pasukan Lapis Baja Divisi 9 dan Polisi Federal hari ini bergerak maju di distrik-distrik al-Salam, Yaramjah, al-Wahdah, al-Shima’, al-Intisar dan al-Shina’i di tenggara Mosul,” katanya.

Dia melanjutkan, “Pasukan keamanan mencapai kemajuan besar dalam operasi pembebasan distrik-distrik ini.” (mm/alsumarianews/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL