Teheran, LiputanIslam.com –  Iran, Qatar, dan Turki mengadakan pertemuan segi tiga di Teheran, ibu kota Iran, untuk membicarakan “mekanisme penguatan hubungan ekonomi Teheran-Ankara-Doha” di mana Iran dan Turki menjadi sumber utama impor komoditas Qatar sejak negara Arab Teluk Persia ini diboikot oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir.

Kantor berita Tasnim milik Iran, Ahad (6/8/2017), melaporkan bahwa pertemuan itu dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Iran Mahmoud Vaezi, Menteri Ekonomi Turki Nihat Zeybekci, dan Menteri Ekonomi dan Perdagangan Qatar Ahmad bin Jasim bin Mohammad al-Thani.

Mereka membahas mekanisme hubungan ekonomi segi tiga Teheran-Ankara-Doha dan transportasi komoditas Turki ke Qatar melalui wilayah Iran.

Jumat lalu Zeybekci menyatakan pihaknya mengalami kesulitan dalam penggunaan pesawat udara untuk transportasi komoditas ekspor Turki ke Qatar sehingga ada hasrat bersama Turki, Qatar, dan Iran untuk pengiriman komoditas ini melalui wilayah Iran karena akan lebih hemat biaya.

“Saya dan sejawat saya dari Qatar akan menghadiri upacara pengangkatan sumpah presiden Iran Hassan Rouhani, Sabtu. Secara segi tiga kami akan membahas masalah transportasi dan pencapaian kesepakatan,” lanjutnya, seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL