irak-turkiBaghdad, LiputanIslam.com –   Irak menyambut gembira keputusan Turki menarik pasukannya dari wilayah utara Irak, dan berharap penarikan dilakukan sepenuhnya tanpa ada tentara Turki yang tersisa di wilayah Irak. Demikian dilaporkan Reuters, Senin (21/12).

Penempatan sekitar 150 tentara Turki di sebuah pangkalan di provinsi Nineveh, Irak utara sejak beberapa minggu lalu telah membangkitkan kemarahan berbagai kalangan di Irak. Baghdad menganggap Ankara telah melanggar kedaulatan Irak dan menuntut supaya pasukan itu ditarik keluar.

Karena itu Turki lantas memindah pasukannya itu ke pangkalan lain di kawasan Kurdistan Irak sembari menyatakan bahwa penarikan pasukan akan dilakukan secara bertahap oleh Turki.

Turki mengaku pasukannya dikirim ke Irak untuk melatih pasukan Kurdistan Irak melawan kawanan teroris ISIS, namun kedatangan pasukan Turki justru memicu ketgangan hubunganya dengan Irak. Baghdad menyatakan bahwa kedatangan pasukan Turki itu dilakukan tanpa koordinasi dengan pemerintah pusat Irak.

Kelompok-kelompok relawan Irak mengancam akan menyerang pasukan Turki jika tidak ditarik dari Irak, dan banyak kalangan di Irak menganggap Turki tidak mungkin serius memerangi ISIS, sebab Turki merupakan salah satu negara yang berambisi mengganyang pemerintah Suriah melalui segala cara, termasuk menyokong gerakan terorisme. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL