Baghdad, LiputanIslam.com –  Kepala staf angkatan bersenjata Irak Letjen Othman al-Ghanimi menyatakan pihaknya sudah mengenal senjata-senjata mutakhir buatan Iran karena pasukan Irak menggunakan sebagian diantaranya dalam penumpasan kelompok teroris ISIS.

“Senjata-senjata buatan Iran bagi kami sudah tak asing lagi. Kami mengenal dan menggunakan senjata-senjata yang sangat canggih ini dalam perang secara jantan melawan ISIS,” katanya saat meninjau stand Iran dalam pameran senjata di Baghdad, ibu kota Irak.

Dia mengatakan bahwa karena sudah mengenal persenjataan Iran itu maka Irak akan berusaha meneken kontrak pembelian senjata dari Iran sesegera mungkin untuk digunakan pula dalam operasi penumpasan ISIS.

Mengenai pameran senjata itu dia mengatakan bahwa tujuannya ialah bertukar pengalaman, memenuhi kebutuhan pasukan Irak dalam penumpasan teroris serta menyampaikan pesan kepada dunia bahwa Irak sekarang sudah memiliki kemampuan menjaga keamanan dan perbatasan, dan riwayat ISIS sekarang sudah hampir tamat berkat kemampuan ini.

Dia mengaku bahwa senjata buatan Iran yang paling menarik baginya dalam pameran ini ialah sistem drone dan rudal, karena sangat pintar, terkendali dan terprogram dengan baik, serba otomatis, dan efektif dalam operasi penumpasan teroris.

Pameran industri pertahanan dan militer ke-6 digelar di Irak sejak Minggu hingga Selasa (5-6/3/2017) dengan melibatkan 80 perusahaan dari 21 negara dunia, termasuk Iran.

Sementara itu, dinas intelijen militer Irak dalam statemennya melaporkan bahwa Ahmad Obeid al-Mimari alias Abu Omar, salah satu komandan ISIS, tewas dalam pertempuran di kawasan Dawasah, Mosul barat.

Sebelumnya, komando operasi pembebasan Mosul mengumumkan bahwa kawasan al-Dandan dan al-Dawasah di wilayah itu berhasil dibebaskan oleh pasukan Irak.

Senin malam lalu, jet-jet tempur Irak yang mendukung gerak maju pasukan kepolisian ferederal Irak telah menggempur ISIS hingga menyebabkan 64 anggota kelompok teroris takfiri ini tewas dan beberapa perlengkapan tempur mereka hancur. (mm/irna/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL