pasukan kurdi irak

Pasukan Kurdistan Irak (Peshmerga).

Baghdad, LiputanIslam.com – Seorang petinggi militer Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa pasukan Irak – Kurdi akan melancarkan serangan ke Mosul dengan mengerahkan pasukan sebanyak 20,000 hingga 25,000 personil.

Sebagaimana dilaporkan BBC, petinggi militer AS yang tak disebutkan namanya itu mengatakan kepada wartawan bahwa ribuan pasukan itu sudah dipersiapkan untuk merebut kembali kota Mosul di bagian utara Irak dari tangan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dia memperkirakan bahwa operasi pembebasan itu akan dimulai pada bulan April atau Mei 2015.

Dia menambahkan bahwa dewasa ini kota terbesar kedua di Irak yang jatuh ke tangan ISIS sejak Juni 2014 itu dewasa ini sedang diduduki oleh sekitar 1,000 – 2,000 pasukan ISIS.

Dia juga mengatakan bahwa sejauh ini belum ada keputusan apakah sekelompok kecil penasihat militer AS akan diperlukan di darat untuk mendukung serangan udara.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa misi itu perlu dilancarkan pada bulan Mei, karena jika tidak maka akan terganggu oleh cuaca musim panas. Hanya saja, menurutnya, misi itu tetap bisa ditunda jika pasukan Irak belum siap. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL