al-baghdadi abu luqmanBaghdad, LiputanIslam.com –  Presiden Irak Fuad Masum menyatakan negaranya tidak ingin membunuh gembong kelompok teroris takfiri ISIS, Ibrahim al-Samurra’i alias Abu Bakar al-Baghdadi, dalam operasi pembebasan Mosul, ibu kota Nineveh, Irak utara, melainkan ingin menangkapnya hidup-hidup dan mengadilinya.

“Kami tidak merencanakan pembunuhan terhadap penjahat al-Baghdadi, melainkan ingin menangkap dan mengirimnya ke mahkamah di depan mata dunia, dan kita biarkan pengadilanlah yang mengeluarkan vonis yang adil terhadapnya atas semua kejahatan yang terkait dengannya atau yang berada di bawah pengawasannya,” ujar Masum dalam sebuah wawancara yang dimuat di situs kepresiden Irak, Rabu (9/11/2016).

Sembari berharap al-Baghdadi dapat diringkus hidup-hidup, dia menjelaskan bahwa negaranya sedang mengatur operasi pemburuan para pemimpin ISIS, termasuk al-Baghdadi, di kawasan perbatasan Irak-Suriah.

“Penyidikan terhadap pemimpin teroris ISIS akan mengungkap banyak informasi dan rahasia mengenai kelompok-kelompok teroris,” imbuhnya.

Dia optimis pasukan Irak dalam dua bulan ke depan akan dapat memberantas semua eksistensi militer ISIS.

“ISIS tidak akan bisa bertahan lama di Raqqah (Suriah), jika mereka kalah di Mosul,” tuturnya.

Sulit Menangkap Al-Baghdadi

Pakar militer dan pensiunan perwira Irak Adnan Nimah menilai sulit sekali menangkap al-Baghdadi dalam operasi pembebasan Mosul.

“Pemimpin ISIS tidak akan menyerah kepada pasukan Irak, dan sama sekali tidak dapat dipastikan bahwa dia sekarang berada di Mosul,” katanya kepada kantor berita Turki, Anadolu.

Sejauh ini pasukan Irak sudah berhasil memasuki bagian timur Mosul dan mencapai sisi utara Mosul, tapi seorang komandan militer dan dua pakar lain sebelumnya mengatakan kepada Anadolu bahwa perang yang sesungguhnya akan terjadi jalanan dan perkampungan sisi kanan Mosul, kota yang terbelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian.

Menurut mereka, perang yang terjadi di sisi kiri Mosul tidak akan seberapa sengit dibanding sisi kanannya yang sarat dengan gang-gang kecil, padat apartemen tinggi, dan banyak instalasi dan posisi militer. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL