intifada 3-2BaitulMaqdis, LiputanIslam.com – Intifada al-Quds yang dimulai sejak awal Oktober lalu dan berlanjut sampai sekarang dilaporkan telah menewaskan 22 orang Israel dan menggugurkan 95 orang Palestina.

Menurut laporan FNA, jumlah korban tewas di pihak Israel itu dinyatakan oleh lembaga Israel Bintang Dawud Merah (Magen David Adom/MDA). Disebutkan bahwa mereka tewas akibat serangan warga Palestina dalam berbagai cara, terutama penikaman dan pembacokan serta penabrakan mobil. Selain 22 orang Israel tewas, sebanyak 230 orang Israel lainnya juga menderita luka dengan kondisi 20 orang di antaranya parah. Selain itu, sebanyak 82 orang mengalami trauma.

Di pihaklain, Departemen Kesehatan Palestina mengumumkan jumlah syuhada Palestina sudah mencapai 95 orang, termasuk 19 anak kecil dan empat perempuan.

Syahid terbaru adalah satu pemuda Palestina yang ditembak mati tentara Israel di kawasan permukiman Zionis Gush Etzion pada hari Minggu lalu. Beberapa jam sebelum penembakan itu, tentara Israel juga menembak mati gadis Palestina berusia 16 tahun di Nablus dan satu pemuda

Palestina di kawasan Khan Ahmar, Jerikho. Ketiganya ditembak karena berusaha menyerang orang Israel.

Kebangkitan atau intifada rakyat Palestina kali ini dipicu oleh intensitas serangan dan aksi-aksi pendudukan warga Zionis terhadap komplek Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis yang notabene tanah suci ketiga bagi seluruh umat Islam. Bangsa Palestina menengarai aksi-aksi para ekstrimis Zionis yang dilindungi oleh tentara Israel itu sebagai gelagat terbaru kaum Zionis untuk Judaisasi Masjidil Aqsa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL