Baghdad, LiputanIslam.com –  Kemendagri Irak mengungkap perkembangan kondisi terkini gembong kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar Al-Baghdadi.

“Ibrahim Awad Al-Samarrai alias Al-Baghdadi belakangan ini telah dilarikan ke sebuah rumah sakit ISIS di kawasan Al-Jazirah, Suriah, karena kondisi mentalnya memburuk, dan juga untuk mendapat perawatan atas patah tulang dan luka parah di bagian betis dan tubuh yang membuatnya tak dapat berjalan sendiri,” ungkap  Dirjen Badan Intelijen dan Kontra-Terorisme Kemendagri Irak, Abu Ali Al-Basri, Senin (12/2/2018), seperti dilansir koran resmi Irak, Al-Sabah.

Dia memastikan Al-Baghdadi masih ada di kawasan Al-Jazirah yang dekat dengan perbatasan Irak, dan menepis dugaan bahwa dia telah kabur ke kawasan lain.

“Kami memiliki informasi dan data-data akurat yang tak dapat diragukan lagi dari sumber-sumber kami yang menyusup dalam tubuh kelompok teroris ini, bahwa penjahat Al-Baghdadi dengan bantuan para asistennya sampai sekarang masih bercokol di kawasan Al-Jazirah, Suriah. Dia sedang menjalani hari-hari terakhirnya,”papar Al-Basri.

Koran Inggris The Sun pada 24 Januari lalu memuat laporan dugaan bahwa Al-Baghdadi telah kabur ke kawasan Asia, atau benua Afrika semisal Chad atau kawasan yang tak berhukum di perbatasan antara Aljazair dan Nigeria.

Laman Arabi21 menyebutkan bahwa dia telah kabur dari Irak dan “diduga bersembunyi di Afrika  setelah riwayat ISIS berakhir di Irak utara pasca pembebasan Irak dari pendudukan ISIS.

Kemhan Rusia pernah mengaku berhasil membunuh Al-Baghdadi dalam sebuah serangan udara di pinggiran Raqqa, Suriah, sebelum ISIS terusir dari kota ini.

CNN Senin kemarin mengutip pernyataan pejabat AS bahwa Al-Baghdadi terluka di Raqqa dan terpaksa menyerahkan tongkat komandonya atas ISIS karena lukanya yang parah. (mm/alalam/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL