suriah terowongan militanGazaCity, LiputanIslam.com – Tujuh pejuang Palestina gugur tertimbun terowongan yang runtuh di Jalur Gaza. Demikian dinyatakan Brigade Ezziddin al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), Kamis (28/1), sebagaimana dilansir IRNA. Bersamaan dengan ini, Israel meringkus satu pemuda Palestina dengan dakwaan melakukan penikaman, dan sebelum itu Israel juga menangkap satu anggota parlemen Palestina dari faksi Hamas.

Mengenai sebab runtuhnya terowongan yang digunakan untuk kepentingan militer melawan Rezim Zionis Israel itu Brigade al-Qassam menyebutkan faktor kondisi alam yang tidak kondusif, dan para korban adalah para pemuda usia sekitar 19 hingga 25 tahun dan merupakan para pejuang Hamas.

Mereka tertimbun dan gugur sebagai syuhada saat dalam proses pembenahan terowongan di timur kota Gaza, sementara empat rekan mereka selamat.

Sebelumnya, Brigade al-Qassam menyatakan komunikasinya terputus dengan mereka, dan belakangan diketahui bahwa hal itu disebabkan oleh kecelakaan dalam jihad di jalan Allah tersebut.

Dalam perang melawan pasukan Zionis Israel para pejuang Palestina kerap menggunakan terowongan untuk menyusup ke wilayah Israel alias Palestina pendudukan 1948 hingga dapat membunuh dan melukai banyak tentara Zionis, termasuk di dalam pangkalan militernya.

Sementara itu, pasukan Zionis Israel meringkus remaja Palestina Ubadah Aziz Abu Ras, 18 tahun, dengan dakwaan melancarkan operasi penikaman di permukinan Zionis di barat laut Baitul Maqdis (Yerussalem).

Media Israel menyatakan pemuda itu ditangkap setelah menikam seorang warga Zionis Israel di sebuah stasiun pengisian bahan bakar, mengakibatkan warga Zionis itu menderita luka parah, Kamis.

Rabu malam, sebagaimana dilaporkan media Israel yang dikutip al-Mayadeen, pasukan keamanan Israel menangkap satu anggota parlemen Palestina, Mohammad Abu Thair, dari faksi Hamas.

Abu Thair sudah pernah mendekam di penjara Israel lalu dibebaskan sekitar enam bulan lalu, namun sekarang ditangkap lagi dengan dakwaan terlibat “aksi teror” terhadap Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL