musibah di masjidil haram saudiMekkah, LiputanIslam.com – Puluhan orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka, akibat ambruknya crane, yaitu pengangkat material bangunan di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Jumat (11/9).

Badan Pertahanan Kota Arab Saudi mengumumkan dalam musibah menjelang musim haji ini 87 orang meninggal dunia dan 184 lainnya luka-luka.

Disebutkan bahwa alat berat itu roboh diterjang badai yang disertai hujan hingga menimpa bagian dalam Masjidil Haram pada pukul 17.20 waktu Makkah.

Masjidil Haram terus mengalami renovasi dan perluasan kapasitas jamaah sehingga sering dipasang crane di haram atau lingkungan suci umat Islam ini.

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Saifuddin menyatakan setidaknya satu jamaah haji asal Indonesia meninggal dunia dan 20 lainnya luka-luka dalam musibah ini.

“Petugas kita sedang terus mendata. Hingga kini tercatat satu meninggal,” kata Lukman, sebagaimana dilansir Rappler, Sabtu dini hari, 12 September.

Para korban luka dilarikan ke Rumah Sakit Ajyad dan Rumah Sakit An-Nur untuk menjalani perawatan.

Lukman sendiri sedang berada di Jeddah dan akan segera bertolak ke Mekah untuk melakukan peninjauan langsung.

Korban meninggal dan luka sebagian besar berasal dari India dan Pakistan. Sebelumnya dikabarkan bahwa jumlah korban meninggal 65 orang, sedangkan korban luka 154 orang, tapi belakangan dilaporkan membengkak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL