daftar korban mina

Bagian akhir bocoran daftar nama korban Tragedi Mina.

Teheran, LiputanIslam.com –   Dokumen bocoran dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi yang didapat situs berita Alalam dan dilansir Selasa (20/10) menyebutkan jumlah korban tragedi Mina yang jauh di atas semua perkiraan orang sebelumnya, yaitu 7477 orang.

Anehnya, tulis Alalam yang berbasis di Teheran, Iran, dalam dokumen tersebut tercatat bahwa sebanyak 1508 jemaah haji yang meninggal dalam tragedi itu belum teridentifikasi kewarganegaraannya sehingga nama-nama para korban ini dicamtumkan dalam daftar korban yang tak diketahui identitasnya.  Dalam dokumen itu juga tercatat jumlah korban jemaah haji Iran 322 orang, padahal data terakhir dari Lembaga Haji Iran menyebutkan jumlah 464 orang.

Dokumen itu terungkap setelah otoritas Saudi dalam satu bulan ini selalu menepis berita-berita jatuhnya ribuan korban, berusaha menutupi fakta, tetap bersikukuh menyalahkan para korban, dan tak mau dianggap lalau atau tak becus mengelola ibadah haji.

Pemimpin Tertinggi Iran Grand Ayatollah Ali Khamenei Senin lalu (19/10) menyayangkan sikap bungkam negara-negara Islam terkait Tragedi Mina. Dia juga meminta supaya tragedi mengerikan ini jangan sampai dilupakan agar “kejadian terburuk dalam sejarah kontemporer atau bahkan semua sejarah ibadah haji ini tidak terulang lagi.”

Pemimpin Iran berserban hitam itu juga menegaskan adanya indikasi-indikasi kuat bahwa Tragedi Mina terjadi akibat kelalaian dan minimnya rasa tanggungjawab otoritas Saudi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL