Izz Ad-Dine Al-Qassam Brigades in Gaza StripGazaCity, LiputanIslam.com – Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, menyatakan Israel sengaja melanggar gencatan senjata dengan tujuan membunuh Panglima Brigade al-Qassam, Mohammed al-Daif melalui serangan udara, namun yang terjadi justru pembunuhan terhadap anak dan isteri pejuang tersohor Palestina tersebut.

“Jet tempur Israel menembak sebuah rumah di kawasan al-Radwan, Gaza, menggugurkan isteri al-Daif dan puterinya, serta beberapa warga sipil lainnya,” ungkap petinggi Hamas Moussa Abu Marzook, sebagaimana dikutip Alalam, Rabu (20/8).

Jet tempur Israel juga menggempur kawasan Deir Balakh, Beit Lahia, kamp pengungsi al-Maghazi, Khan Younis dan Rafah.

Menurut laporan Alalam, serangan terbaru Israel telah menjatuhkan korban jiwa sedikitnya 11 orang dan menciderai sekitar 50 lainnya. Delapan di antara belasan syuhada itu, termasuk tiga anak kecil dan tiga orang perempuan yang satu diantaranya hamil, jatuh akibat gempuran Israel ke sebuah rumah di Deir Balakh, Jalur Gaza tengah.

Para pejuang Palestina membalas serangan itu dengan melesatkan puluhan rudal ke beberapa sasaran di Israel, termasuk Tel Aviv, Baitul Maqdis, dan Bandara Ben Gurian hingga menyebabkan penundaan jadwal kedatangan beberapa pesawat komersil Eropa ke bandara di dekat Tel Aviv tersebut.

Faksi-faksi pejuang Palestina mengaku telah menghajar beberapa kawasan Israel dengan rudal M-75 dan Fajr-5. Selain itu pejuang Palestina juga menggempur kota-kota Beersheba, Netivot, Sedot, Kiryat Malakhi dan Majdal dengan roket Grad dan Qassam, serta permukiman Nativ Ha’asra dan Sderot dengan delapan rudal 107.

Seperti yang sudah-sudah, tidak ada laporan mengenai akibat serangan tersebut karena di Israel terjadi sensor berita seputar dampak dan akibat gempuran pejuang Palestina. Israel hanya mengakui bahwa Tel Aviv dan beberapa kota dan derah lain telah diterjang rudal-rudal Palestina.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Tel Aviv mengklaim serangan udara Israel ke Jalur Gaza adalah balasan atas penembakan roket pejuang Palestina dari Gaza ke wilayah Israel. Namun, Hamas menyatakan serangan terbaru Israel itu ditujukan untuk mengacaukan perundingan antara Palestina dan Israel yang ditengahi oleh Mesir dan masih belum menemukan kemajuan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL