الناصري ينسحب من حكومة اليمن وانصار الله تعلن فشل المفاوضاتSanaa, LiputanIslam.com – Partai al-Nasiri menyatakan keluar dari pemerintahan koalisi nasional sebagai reaksi protes atas pengabaian Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi terhadap inisiatif partai ini untuk mengatasi perselisihan antara Presiden dan gerakan Ansrallah atau lebih dikenal dengan kelompok Syiah al-Houthi.

Sekjen Partai Tanzim al-Wahdawi al-Sha’bi al-Nasiri Mohammad al-Radaai kepada kantor berita Turki, Anatolia, mengaku pihaknya telah menarik diri dari pemerintahan koalisi.

“Dengan demikian, al-Nasiri adalah partai pertama yang mengumumkan keluar dari pemerintah,” ungkap al-Radaai sembari menyebutkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan merilis statemen tentang ini, sebagaimana dimuat Rai al-Youm, Senin (15/9).

Rabu lalu (10/9) partai ini sudah mengingatkan pemerintah perihal penarikan itu dalam lima hari ke depan jika Presiden Yaman tetap tidak merespon inisiatif yang telah diberikan sehari sebelumnya.

Inisiatif itu sendiri menyerukan kepada Presiden Mansur Hadi supaya mengambil keputusan untuk membentuk komisi ekonomi yang terdiri atas semua pakar yang dulu terlibat dalam Muktamar al-Hiwar, termasuk dari kalangan Ansarullah, yang telah berakhir masa tugasnya pada 25 Januari lalu guna mengkaji kondisi keuangan dan perekonomian negara untuk kemudian dibuat rekomendasi yang harus diterima oleh semua pihak.

Partai ini juga menyerukan kepada kelompok al-Houthi supaya mengakhiri aksinya sesegera mungkin, termasuk dengan membongkar tenda-tenda konstrasi di Sanaa, ibu kota Suriah.

Partai al-Nasiri sendiri merupakan aliansi beberapa partai yang beberapa di antaranya dekat kelompok al-Houthi.

Sebelumnya di hari yang sama Komisi Mediasi Kepresidenan yang ditugaskan untuk mengatasi konflik antara pasukan Yaman dan milisi Ansralallah di provinsi al-Jouf di bagian utara negara ini juga menyatakan mundur dan menyudahi misinya tersebut setelah situasi membara secara militer dan tak terkendalikan lagi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL