Aden, LiputanIslam.com – Perundingan damai yang disponsori oleh PBB di Swedia akan membahas enam poin yang diperselisihkan oleh dua kubu yang bertikai, yaitu kubu mantan presiden Abd Mansour Hadi yang berkedudukan di kota Aden dan kubu Ansarullah (Houthi) yang menguasai Sanaa, ibu kota Yaman.

Sumber dari kubu pro-Mansour Hadi yang enggan disebutkan identitasnya, Kamis (6/12/2018), menjelaskan kepada Anadolu bahwa enam poin dalam agenda perundingan itu ialah sebagai berikut;

Pertama, pembebasan para tahanan dan tawanan kedua belah pihak.

Kedua, penyampaian bantuan kemanusiaan kepada para korban di seluruh penjuru Yaman.

Ketiga, penyerahan pelabuhan Hudaydah oleh Ansarullah. Poin ini tercatat paling sulit, dan sumber itu tidak menyebutkan pelabuhan itu akan diserahkan kepada pihak mana.

Keempat, penghentian blokade kota Taiz di barat daya Yaman yang dilakukan Ansarullah sejak Agustus 2015.

Kelima adalah persoalan terkait dengan Bank Sentral Yaman yang sudah terbelah menjadi dua, satu di Sanaa yang dikuasai Ansarullah, dan yang lain di Aden yang dijadikan sebagai ibu kota sementara oleh kubu Mansour Hadi.

Keenam, pemulihan bandara Sanaa yang diblokir oleh pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi sejak Agustus 2016.

Perundingan di Swedia telah dimulai, Kamis, dan tercatat sebagai perundingan yang kelima kalinya antarkelompok Yaman yang bersiteru.  Perundingan pertama dan kedua digelar di Swiss pada tahun 2015, ketiga di Kuwait pada tahun 2016, dan keempat di Swiss lagi namun gagal pada September  2018.

Perundingan kali ini mendapat dukungan luas dari khalayak internasional. Utusan PBB untuk Yaman Martin Griffiths mengatakan ada upaya dan dukungan internasional untuk perundingan ini demi menyelesaikan krisis Yaman.

Pasukan koalisi pimpinan Saudi melancarkan invasi militer ke Yaman sejak tahun 2015 dengan dalih berupaya memulihkan pemerintahan Mansour Hadi dan menumpas kelompok Ansarullah yang menguasai ibu kota dan beberapa provinsi Yaman. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*