iran ujicaba RQ-170Teheran, LiputanIslam.comTV Alalam yang berbasis di Iran Rabu (12/11) menayangkan rekaman video ujicoba terbang pesawat nirawak (drone) buatan Iran hasil duplikasi drone RQ-170 Sentinel buatan Amerika Serikat (AS) yang berhasil ditangkap oleh Iran pada Desember 2011.

Dalam video itu terlihat drone RQ-170 versi Iran yang diujicoba terbang secara final beberapa hari lalu itu meluncur meninggalkan landasan pacu kemudian terbang dan bermanuver dengan baik.

Disebutkan bahwa semua sistem dan program yang dioperasikan pada pesawat itu sudah diujicoba dan berjalan sukses, terutama terkait pengendalian dan eksekusi perintah-perintah penggunaan senjata yang terpasang di pesawat.

Pesawat siluman ini dapat terbang sejauh ribuan kilometer. Komandan Pasukan Udara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigjen Amir Ali Hajizade mengatakan bahwa empat unit pesawat nirawak tipe ini akan resmi dioperasikan dalam pertahanan Iran sebelum akhir tahun ini.

“Pesawat yang telah diproduksi dengan desain mirip simbol “ketidaksamaan” dan dengan berbagai ukuran ini dapat menjalankan misi pemantauan, spionase, dan bidang-bidang tempur. Beberapa contoh perdana pesawat tipe ini yang sudah dibikin praktis akan difungsikan untuk operasi-operasi militer, dan dalam waktu dekat akan dibuat beberapa contoh lain oleh para ahli dalam negeri,” ungkapnya.

Lembaga pemberitaan Iran Fars News Agency (FNA) menyebutkan bahwa keberhasilan Iran ini menjadi salah satu prestasi terbesar industri pertahanan negara ini di bidang produksi pesawat nirawak.

Selama ini Iran juga telah membuat beberapa pesawat nirawak lain, namun menurut FNA, pembuatan drone dengan desain mirip bentangan dua sayap burung semisal RQ-170 ini tergolong proyek yang sangat rumit, canggih dan sulit sehingga sedikit sekali negara yang dapat melakukannya di dunia.

Senin lalu (10/11) Brigjen Amir Ali Hajizade kepada wartawan di Teheran mengatakan pihaknya berhasil menguji terbang duplikat RQ-170 dan akan segera memublikasikan rekaman video keberhasilan ini. Videonya dapat disaksikan di bawah ini:

Tanggal 11 Mei 2014 dunia dikejutkan oleh pameran pesawat siluman itu oleh Iran dalam sebuah seremoni yang dihadiri oleh Pemimpin besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei dan Komandan IRGC Mayjen Mohammad Ali Jafari.

Pada Desember 2011 IRGC berhasil merebut kendali atas drone RQ-170 milik AS setelah pesawat ini melanggar wilayah udara Iran, kemudian mendaratkannya dengan selamat. Para insinyur dan ahli dari IRGC kemudian mempelajari dan menjiplaknya.

Di pihak lain, pemerintah AS yang tidak ingin kehilangan muka menyatakan bahwa pesawat itu jatuh dan hancur.
Beberapa waktu lalu Wakil Komandan IRGC Brigjen Hossein Salami juga berjanji akan segera mengumumkan perkembangan baru dari proses pembuatan duplikat RQ-170.

Dia mengatakan, “IRGC berhasil membongkar semua data dan memacah semua kode RQ-170.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL