Damaskus, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris ISIS dalam satu minggu terakhir ini melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut berbagai kawasan yang dikuasai oleh Pasukan Arab Suriah (SAA) di kota dan bandara Deir ez-Zor.

Menurut Fars News Agency (FNA) milik Iran, berbagai laporan yang ada mengenai perkembangan situasi pertempuran di kawasan timur Suriah ini terlalu berlebihan dalam memberitakan tekanan ISIS terhadap SAA karena bersumber pada keterangan pihak-pihak teroris dengan tujuan melemahkan nyali SAA dan kelompok-kelompok bersenjata pendukungnya.

Namun demikian, FNA menunjukkan peta pertempuran di kota Deir ez-Zor. Di situ terlihat terpisahnya bandara dari wilayah permukiman di kota ini, dan dengan tanda  anak panah merah terlihat pula dari arah mana saja ISIS melancarkan serangan. Dalam peta ini ISIS ditandai dengan bendera Israel berwarna hitam.

Untuk peta perang itu dijelaskan lima poin sebagai berikut;

  1. Di poros bandara dan bagian timur, ISIS melancarkan serangan terhadap posisi SAA dari arah kawasan al-Jafrah al-Mari’iyyah.
  2. Di bagian barat dan perbukitan al-Thardah ISIS berusaha bergerak maju ke berbagai kawasan yang dikuasai SAA.
  3. Di bagian utara ISIS menyerang terutama dari kawasan al-Ummal dan area pemakaman.
  4. Israel berencana melancarkan serangan di poros keempat melalui daerah Huwaijah Saqar dan kawasan industri setempat.
  5. Di poros barat dan barat daya, ISIS berusaha menyerang kawasan al-Banurama dan Pangkalan 137 yang merupakan poros atau sumbu kelima pertempuran.

Disebutkan bahwa sejauh ini ISIS berhasil menduduki area pemakaman dan kawasan al-Ummal sehingga hubungan bagian kota dengan bandara menjadi terputus “untuk sementara waktu” dan bantuan untuk penduduk kota dari jalur bandara menjadi terhalang.

FNA menambahkan bahwa posisi-posisi teroris di kawasan itu belum solid, tapi bandara terkepung dan SAA terus berusaha memecah kepungan sehingga pertempuran sengit terus berlanjut di wilayah pemakaman, perbukitan al-Thardah, kawasan al-Ummal, permukiman al-Muhandisin, dan Tel Karum.

Dewasa ini SAA dapat mengirimkan perlengkapan dan bantuan ke kota dan bandara Deir ez-Zor dengan menggunakan fasilitas helikopter. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL