suriah_assad ke rusiaLondon, LiputanIslam.com – Kejutan berupa kunjungan Presiden Suriah Bashar al-Assad ke Rusia secara mendadak dinilai membawa pesan-pesan krusial bagi negara-negara regional Timur Tengah maupun dunia.

Media online Rai al-Youm yang berbasis di London, Inggris, dalam berita analisisnya menyebutkan bahwa pesan terpenting al-Assad ialah bahwa sekarang dia dapat keluar negeri dengan leluasa dan tanpa beban, sementara banyak pengamat mengatakan tidak mungkin al-Assad bepergian ke luar negeri tanpa adanya persetujuan diam-diam antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Juru bicara Presiden Rusia Dmitry Paskov Rabu (21/10) mengatakan bahwa Presiden Rusia telah mengadakan pertemuan dengan al-Assad di Moskow, ibu kota Rusia, Selasa lalu (20/10).

Dalam pernyataan yang ditayangkan oleh TV Russia Today, Paskov menyebutkan bahwa keduanya membicarakan soal operasi serangan udara Rusia di Suriah.

“Banyak pejabat tinggi Rusia yang hadir dalam pertemuan dan perundingan yang berlangsung lama itu. Kedua pihak telah berdialog tentang operasi pasukan Suriah dan kerjasama kontra-terorisme, dan Putin mendapatkan informasi mengenai perkembangan terkini di Suriah,” katanya..

Al-Assad menyampaikan apresiasinya atas bantuan Rusia ke Suriah. Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa keterlibatan pasukan Rusia dalam perang di Suriah dapat membendung eskalasi terorisme.

Hal yang menarik perhatian mengenai kunjungan al-Assad ke Moskow , menurut Rai al-Youm, ialah terahasiakannya kunjungan ini sampai al-Assad pulang, dan boleh dikata bahwa dari kunjungan ini Moskow bermaksud menyampaikan pesan kepada semua orang bahwa situasi di Suriah yang dilanda perang sejak lima tahun silam sekarang sudah berubah.

Rai al-Youm juga menyebutkan bahwa kunjungan al-Assad ke Rusia terjadi ketika Rusia memperkuat eksistensinya di Suriah dengan 25,000 personil yang siap melancarkan serangan masif ke semua wilayah yang ditempati oleh para pemberontak dan teroris. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL