saudi danai isisBaghdad, LiputanIslam.com – Bocoran beberapa dokumen rahasia mengungkapkan bahwa perwira Arab Saudi di Pangkalan al-Jubail, Kol. AL Obeid al-Harbi, telah mondar-mandir ke Inggris untuk membeli perbekalan militer bagi kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dari BAE Systems, salah satu perusahaan besar yang dipercaya Arab Saudi untuk memenuhi kebutuhan persenjataannya.

Sebagaimana dilansir al-Kawn News, Rabu (1/6), dari bocoran dokumen itu terungkap bahwa al-Harbi yang membidangi perbelanjaan senjata dari Inggris dari tahun 2005 sering berkunjung ke Inggris bersama keluarganya dan di situ dia menemui Paul Avent yang menjadi kepala bidang penjualan senjata perusahaan-perusaan Inggris kepada Arab Saudi.

Dalam dokumen juga tercatat beberapa nama pejabat lain Arab Saudi  dengan nomor paspor masing-masing, termasuk Gharamullah bin Shalih bin Rajih al-Zahrani dengan nomor paspor J225191. Mereka membantu Kol. Al-Harbi dalam proses pembelian dan pemilihan jenis senjata yang kebanyakan kaliber ringan hingga menengah serta penentuan jalur transportasinya dari Laut Mediteranian.

Terungkap pula bahwa sebelum tahun 2011 Saudi telah belanja perlengkapan militer senilai USD 48 miliar dari Inggris, tapi pada tahun 2011 nilainya meningkat 25 persen.

Sebelum 2011, al-Harbi mengirim semua persenjataan ke Riyadh, namun sejak 2011 hingga lima tahun kemudian dia menerima 25 senjata dan menyerahkannya kepada ISIS dan kelompok-kelompok teroris lain dengan membawanya dari Laut Inggris hingga melintasi wilayah Ukraina dan Turki serta pantai Suriah dan wilayah Kurdistan Inggris.

Semua ini dilakukan dengan sepengathuan para petinggi politik dan militer Inggris dan koordinasi dengan Salman bin Abdulaziz bin Salman bin Muhammad yang di Perancis memimpin tim pemasok senjata ISIS dan kelompok-kelompok teroris lain.

Ditaksir bahwa Kol. Al-Harbi telah membeli perlengkapan militer untuk ISIS dan kelompok-kelompok teroris lain senilai USD 44 miliar selama 2011 hingga 2015. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL