Teheran, LiputanIslam.com –  Juru Bicara Kemlu Iran Behram Qasemi menyatakan pihaknya telah memanggil Kuasa Usaha Kuwait di Iran dan menyampaikan kepadanya nota protes keras Teheran terhadap tuduhan Kuwait kepada Iran serta menegaskan bahwa Iran mempertahankan haknya untuk bereaksi terhadap tindakan Kuwait memangkas jumlah diplomat Iran di Kuwait.

Qasemi menjelaskan bahwa nota protes itu berkenaan dengan “tuduhan tak berdasar” para pejabat Kuwait terhadap Iran terkait dengan “kasus al-Abdali”.

“Sayang sekali, di tengah situasi krusial yang melanda kawasan, para pejabat Kuwait bukannya berusaha membatasi ketegangan dan bertahan di depan tekanan dan provokasi pihak-pihak regional yang bertualang, malah merespon provokasi ini dan mengarahkan tuduhan palsu kepada Republik Islam Iran,” ungkap Qasemi di Teheran, Kamis (20/7/2017).

Dia menegaskan negaranya sama sekali tidak ada kaitannya dengan kasus tersebut, dan hal ini sudah disampaikan kepada pemerintah Kuwait sejak awal terjadinya kasus.

Jubir Deplu Iran menyatakan pihaknya telah mengingatkan kepada Kuasa Usaha Kuwait bahwa Iran memiliki pendirian penuh rasa tanggungjawab di depan negara-negara kawasan, termasuk ketika Kuwait sedang berada dalam situasi sulit, dan Iran mempertahankan haknya untuk bereaksi atas pemangkasan jumlah diplomat Iran oleh Kuwait.

Di pihak lain, Kuasa Usaha Kuwait menyatakan prihatin atas perkembangan situasi ini dan mengaku akan menyampaikan nota protes Iran kepada para pejabat terkait di Kuwait.

Kantor berita mahasiswa Iran, ISNA, melaporkan bahwa Kuwait telah memerintahkan Duta Besar Iran untuk Kuwait, Ali Reza Enayati, agar meninggalkan Kuwait dalam jangka waktu 48 hari, dengan tuduhan bahwa Iran terlibat aksi mata-mata di Kuwait.

Dilaporkan pula bahwa Kuwait mengusir 15 diplomat Iran dan menutup atase militer, kebudayaan, dan perdagangan Iran di Kuwait dengan dalih Iran terlibat dalam aksi makar dan mata-mata di Kuwait. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL