Baghdad, LiputanIslam.com –  Kelompok relawan Irak al-Hasdh al-Shaabi berhasil mematahkan serangan kelompok teroris ISIS dalam perlawanan yang menewaskan 100 teroris dan menghancurkan 14 unit bom mobil.

Dalam statemennya, al-Hashd al-Shabbi menyatakan bahwa pasukan Brigade 11 al-Hashd al-Shaabi yang didukung beberapa helikopter militer Irak Sabtu dini hari berhasil menghancurkan 14 bom mobil, satu mobil lapis baja, dan dua unit drone yang digunakan ISIS untuk melancarkan serangan di kawasan Ain al-Talawi di bagian barat provinsi Nineveh, Irak utara.

Bersamaan dengan ini, Brigade Hizbullah Irak yang juga merupakan bagian dari al-Hashd al-Shaabi mengaku telah mematahkan serangan ISIS di kawasan Tal Afar di provinsi yang sama. Dijelaskan bahwa satu komandan ISIS berjulukan Abu Habash al-Shami tewas telah dalam peristiwa ini.

Menurut Brigade Hizbullah, ISIS melancarkan serangan ini semata-mata untuk menerobos kepungan agar dapat mengakses perbatasan Irak-Suriah.

Sumber keamanan Irak menyatakan al-Hashd al-Shaabi telah mematahkan sebuah serangan ISIS di poros barat provinsi Nineveh dan menghabisi 100 teroris yang 20 di antaranya berstatus komandan ISIS.

Sumber itu menambahkan bahwa pertempuran antara kedua pihak terjadi Sabtu dini hari dan berlangsung sekira lima jam.

Media Irak menyebutkan bahwa serangan ISIS itu tergolong paling besar dan bertujuan mencari jalan keluar untuk kabur ke wilayah Suriah. (mm/almaalomah)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL