terowongan-isis-di-irakKirkuk, LiputanIslam.com –   Sumber keamanan provinsi Kirkuk, Irak, Minggu (25/12/2016), mengabarkan bahwa guyuran hujan telah membuat tujuh anggota gerombolan teroris takfiri ISIS tewas mengenaskan di bagian barat daya provinsi ini.

“Derasnya hujan hari ini ikut andil dalam runtuhnya sebuah terowongan ISIS di distrik Hawija (55 km barat daya Kirkuk). Berbagai informasi yang masuk menyebutkan tewasnya tujuh anggota ISIS yang sedang berlindung dalam terowongan dari gempuran cuaca,” ujar sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu.

Dia menambahkan, “Hujan juga telah membantu orang-orang yang kabur dari Hawija menemukan ranjau-ranjau yang ditanam  ISIS di jalur-jalur pelarian warga, demikian pula terowongan-terowongan yang terendam air hujan.”

Distrik Hawija serta beberapa daerah lain di barat Daya Kirkuk dikuasai ISIS sejak Juni 2014, dan sejak itu sebanyak lebih dari 150,000 warga sipil kabur dari sana menuju Kirkuk.

Pasukan Irak melancarkan operasi pembebasan provinsi Nineveh sejak 17 Oktober lalu, dan sejauh ini sekira 50 persen provinsi sudah berhasil dibebaskan dari pendudukan ISIS.

Sumber lain yang juga anonim menyatakan pasukan kontra-terorisme Irak menyerbu kawasan al-Quds di Mosul timur di hari yang sama.

“Kontak senjata melawan kawanan bersenjata ISIS masih berlangsung, pasukan keamanan dapat bergerak maju, dan melalui operasi ini mereka berusaha membebaskan kawasan al-Quds yang menjadi basis ISIS untuk melancarkan serangan dengan bom-bom mobil terhadap kawasan-kawasan sekitarnya,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, kepolisian federal Irak menyatakan dua komandan ISIS , Abu Ayyub al-Quraisyi dan Abu Saif, tewas terkena gempuran rudal pasukan Irak yang menerjang kawasan al-Quds dan Bab al-Tub di bagian barat Mosul.   (mm/alsumarianews/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL