Beirut, LiputanIslam.com –  Lembaga Human Right Watch (HRW) menyerukan kepada Amerika Serikat (AS), Turki, negara-negara anggota UE, dan negara-negara lain agar  menolak upaya Arab Saudi cucitangan dari kasus pembunuhan jurnalis ternama Saudi Jamal Khashoggi.

HRW, Senin (22/10/2018), menjelaskan bahwa statemen otoritas  Saudi mengenai kematian Khashoggi tampak sudah dirancang untuk melindungi Putra Mahkota Mohamed bin Salman (MbS) dari pemeriksaan lebih lanjut dan untuk mencegah tanggungjawab penuh atas pembunuhan Khashoggi.

Menurut HRW, negara-negara yang bersangkutan harus menyerukan pembentukan investigasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara independen demi mengungkap hal-hal seputar peran Saudi dalam pembunuhan Khashoggi serta untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab mengesahkan, merencanakan, dan melaksanakan kegiatan apapun yang terkait dengan kasus tersebut.

“Mengingat seberapa sering Arab Saudi berulang kali berbohong kepada dunia tentang kehilangan dan keterbunuhan Khashoggi maka tidak ada alasan untuk menganggap serius hasil ‘penyelidikan internal,’” kata Michael Page, wakil direktur Human Rights Watch Bidang Timteng.

“Penurunan pangkat para pejabat senior sebagai kambing hitam tidak akan menghilangkan aroma pembunuhan Khashoggi dari Mohamed bin Salman,” imbuhnya. (mm/hrw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*