lembaga HRWNewYork, LiputanIslam.com – Lembaga Pengawas HAM (Human Rights Watch/HRW) menyerukan kepada pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Inggris supaya berhenti menyuplai Arab Saudi dengan senjata yang digunakan negara petrodollar ini untuk menembar kehancuran dan kematian di negara jirannya yang miskin, Yaman.

Sebagaimana dilansir al-Alam, Selasa (22/1), HRW menegaskan bahwa AS dan Inggris adalah dua negara utama pemasok senjata yang digunakan Saudi untuk melanggar rambu-rambu internasional hingga menimbulkan krisis kemanusiaan dalam skala besar di Yaman.

Lembaga yang bermarkas di New York, AS, ini menambahkan bahwa sekarang sudah tiba saatnya para pemimpin dunia berhenti menomor satukan interes ekonominya sendiri.

HRW juga menyerukan kepada Dewan Keamanan PBB supaya melarang dan mencegah pengiriman senjata yang digunakan untuk mengobarkan perang di Yaman.

Lebih lanjut, setelah menyebutkan banyak korban manusia yang tercatat akibat serangan Saudi dan sekutunya selama satu tahun terhadap Yaman, HRW menyatakan bahwa hal itu menjadi rangkaian data pelanggaran terhadap hukum kemanusiaan dan HAM yang sebagian di antaranya masuk kategori kejahatan perang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL