Jenewa, LiputanIslam.com –   Lembaga Human Right Wathc (HRW) dan 56 lembaga swadaya masyarakat (LSM) peduli HAM lain, termasuk lokal dan internasional, mendesak negara-negara anggota Dewan HAM PBB agar melakukan penyelidikan internasional secara independen terhadap berbagai pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Arab Saudi dan sekutunya di Yaman.

Melalui sebuah surat bersama mereka juga mengecam Dewan HAM PBB karena menyerah lagi kepada tekanan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi yang menyerang Yaman.

Direktur Advokasi HRW John Fisher di Jenewa, Swiss, menilai Dewan HAM PBB telah dua kali ini menyerah kepada koalisi pimpinan Saudi sehingga tidak mengambil sikap awal terhadap kejahatan perang yang terjadi berulang-ulang di Yaman. Karena itu, dia mengimbau Dewan HAM PBB untuk tidak merunduk di depan tekanan politik dalam sidang dewan ini pada September mendatang.

Dewan HAM PBB dalam dua tahun ini gagal mengadakan penyelidikan internasional dan selama ini hanya mendukung kegiatan yang ternyata gagal menjamin adanya penyelidikan secara independen dan transparan, sementara koalisi pimpinan Saudi selalu berusaha menghindari adanya penyelidikan ini.

HRW dan puluhan LSM lain tersebut meminta supaya dilakukan penyelidikan untuk mengungkap fakta pelanggaran HAM, menghimpun dokumen, dan meminta pertanggungjawab atas pelanggaran demi penuntasan masalah ini dalam jangka panjang.

Dalam surat itu mereka mencatat sejumlah pelanggaran koalisi pimpinan Saudi dalam serangan udara yang sebagian di antaranya bahkan menjurus pada kejahatan perang. Disebutkan pula bahwa koalisi telah melakukan berbagai bentuk gangguan, penangkapan, dan pengusiran secara paksa terhadap para aktivis serta menggunakan senjata-senjata terlarang yang dampaknya bisa jadi akan berkelanjutan pasca konflik.

Pasukan koalisi pimpinan Saudi telah berulangkali melakukan serangan udara yang menewaskan banyak warga sipil Yaman. Aksi terbaru mereka terjadi Rabu pekan lalu di kawasan Arhab di utara Sanaa, ibu kota Yaman, yang menewaskan sedikitnya 51 warga sipil dan melukai 70 lainnya. Selain itu mereka juga melakukan kejahatan serupa di kawasan Faj Atan, Sanaa, hingga menjatuhkan puluhan korban tewas dan luka. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL