houthi fighterSanaa, LiputanIslam.com –  Gerakan Ansarullah (al-Houthi) di Yaman Kamis (4/6) mengumumkan pihaknya telah melancarkan serangan roket ke beberapa kota Arab Saudi di wilayah perbatasan negara ini dengan Yaman.  TV al-Masirah milik Ansarullah memberitakan bahwa tentara Yaman dan komite-komite rakyat yang terafiliasi dengan Ansarullah juga telah menggempur menara militer al-Radif milik Saudi di kota Jazan di barat daya Saudi.

Al-Masirah dalam berita segeranya menyebutkan bahwa pasukan Houthi telah melumpuhkan dua tank di pos militer Jallah milik Saudi dan serangan ini telah memaksa tentara Saudi kabur meninggalkan lokasi.

Beberapa hari lalu Ansarullah mengumumkan pihaknya telah memulai operasi militer anti pasukan Saudi di kawasan perbatasan, khususnya di Jazan. Menurut Rai al-Youm, pengumuman itu dinyatakan padahal Ansarullah pernah berjanji bahwa serangan terhadap posisi-posisi militer Saudi di kawasan perbatasan cukup dilakukan oleh kelompok-kelompok suku lokal.

Juru bicara tentara Yaman Brigjen Said Luqman dalam konferensi pers Selalu lalu menyatakan bahwa situasi perang sekarang mulai terlihat seimbang setelah selama ini al-Houthi mendapat serangan dari pasukan udara koalisi Arab pimpinan Arab Saudi yang dimulai sejak 26 Maret lalu.

Pernyataan ini dikemukakan setelah tentara Yaman dikerahkan ke kota Seiyun, kota kedua terbesar di provinsi Hadhramaut di bagian timur Yaman, menyusul adanya informasi mengenai masuknya kawanan bersenjata al-Qaeda yang menamakan dirinya Ansar al-Shariah.

Sebuah sumber menyatakan kepada Anatolia bahwa kawanan bersenjata bermaksud melancarkan serangan terhadap markas-markas pemerintah, tentara dan aparat keamanan untuk menguasai kota itu setelah mereka berhasil menguasai al-Mukalla, ibu kota provinsi Hadhramut, sejak 2 April lalu.

Sumber militer Yaman mengatakan bahwa tentara Yaman telah merazia sejumlah hotel dan tempat penginapan di kota dan meringkus beberapa kawanan bersenjata yang ada di dalamnya.

Sementara itu, para saksi mata mengatakan bahwa Kamis kemarin juga terjadi pertempuran sengit antara Ansarullah dan kelompok pendukung presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi di kota Taiz di bagian tengah Yaman, mengakibatkan jatuhnya beberapa korban tewas dan luka di kedua belah pihak.

Bersamaan dengan ini, serangan pasukan koalisi pimpinan Saudi terus melancarkan serangan udara ke Yaman.

Situs berita Buyemen menyebutkan bahwa Kamis tengah malam beberapa jet tempur Saudi menyokong al-Qaeda dan pasukan pendukungMansur Hadi dengan menggempur posisi Ansarullah di kota Aden, al-Jawf dan al-Dale.

Namun demikian, lanjut Buyemen, pasukan Ansarullah terus bertempur dengan pasukan pro Mansur Hadi di kawasan Kabuta dan al-Taqniya di barat laut Aden. Di dua kawasan itu dan di kota al-Jawf dan al-Dale mereka bahkan dapat membunuh dan menangkap beberapa pasukan pro-Hadi. Ansarullah bergerak ke arah al-Yatmah di provinsi al-Jawf dan merampas banyak senjata dan amunisi milik lawan mereka.

Lembaga Aliansi Sipil Yaman dalam laporannya yang ke-10 pada konferensi pers di Sanaa, ibu kota Yaman, Kamis kemarin menyatakan bahwa korban tewas serangan Saudi sejauh ini telah mencapai 2477 orang, sementara korban luka 6460.

Aliansi Sipil Yaman juga menyebutkan bahwa di antara para korban tewas dan luka itu terdapat 887 anak kecil dan 668 perempuan.

Pemerintah Mansur Hadi dan Ansarullah Setuju Berunding di Jenewa

Di gelanggang politik, sebuah sumber di pihak Mansur Hadi mengatakan kepada Anatolia bahwa perundingan untuk mengatasi krisis negara ini di bawah prakarsa PBB akan dimulai di Jenewa, Swiss, pada tanggal 14 Juni mendatang.

Menurut sumber pemerintahan pelarian Yaman di Riyadh itu, wakil Yaman di PBB Khaled al-Yamani telah menyerahkan persetujuan “pemerintahan Yaman yang sah” untuk perundingan tersebut.

Sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menambahkan bahwa bisa jadi dalam waktu dekat ini PBB sendiri akan mengumumkan secara resmi jadwal perundingan yang akan melibatkan semua kelompok Yaman tersebut.

Di pihak lain, sebagaimana diberitakan Reuters, seorang anggota senior Ansarullah Yaman menyatakan pihaknya menyetujui perundingan damai Yaman di bawah pengawasan PBB di Jenewa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL