yaman mohammad abdulsalamSanaa, LiputanIslam.com – Juru bicara resmi gerakan Ansarullah (Houthi) Mohammad Abdulsalam menuduh Arab Saudi dan milisi al-Qaedah yang didukung Saudi melanggar perjanjian gencatan senjata. Demikian dilaporkan TV al-Manar yang berbasis di Lebanon, Rabu (13/5).

Abdulsalam juga mengatakan bahwa penyaluran bantuan harus mendapat pengawasan ketat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), blokade terhadap Yaman harus dipecah, dan siapapun tidak berhak mencegah masuknya bantuan kepada para korban perang Yaman.

Dilaporkan bahwa di hari pertama pasca pengumuman gencatan senjata Arab Saudi telah menembakkan mortir ke arah warga sipil Yaman di al-Baqa’ di pkawasan erbatasan Yaman-Saudi, sementara kapal-kapal perang koalisi telah melesatkan beberapa roket ke arah Ras Imran.  Selain itu, jet tempur Saudi juga menjatuhkan beberapa bom di Aden, Lahij, Sanaa dan Saada.

Selasa malam lalu juru bicara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi, Brigjen Ahmad al-Asssiri, mengumumkan sencatan senjata demi kemanusiaan untuk jangka waktu lima hari dimulai di Yaman sejak Selasa malam pukul 23.00 waktu Yaman.

Secara terpisah juru bicara angkatan bersenjata Yaman Sharaf Ghalib Luqman mengatakan Yaman menerima gencatan senjata bukan karena pendirian yang lemah.

“Menerima gencatan senjata kemanusiaan sama sekali bukan karena lemah pendirian, melainkan demi melindungi nyawa orang-orang yang tak berdosa dari kejahatan agresi Saudi,” ungkapnya, sebagaimana dilansir kantor berita Yaman, Saba.

Dia menambahkan, “Saudi terlibat dalam perang dendam kesumat yang sia-sia, terlibat aksi pembantaian massal anak-anak bangsa Yaman, dan laknat untuk selamanya bagi rezim Saudi dan pihak-pihak yang mendukungnya.”

Dia juga menegaskan, “Serangan membabi buta tidak menunjukkan apa-apa kecuali keputus asaan. Mereka melanjutkan pembantaian orang-orang tak berdosa dan aksi penghancuran hanyalah untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa kendali inisiatif ada di tangan mereka.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL