السعودية.. حريق فندق في مكة يؤدي لاخلاء أكثر من ألف حاجMekkah, LiputanIslam.com –   Pelaksanaan ibadah haji di Mekkah al-Mukarromah, Arab Saudi, kembali terusik insiden yang tak diinginkan. Dua orang menderita luka dan sebanyak lebih 1000 jemaah dari Asia terpaksa dievakuasi akibat terjadinya kebakaran di sebuah hotel di kawasan Aziziyah, Mekkah, pada dini hari Kamis (17/9).

Kantor berita Arab Saudi, SPA, melaporkan api berasal dari sebuah kamar di lantai delapan, dan sebanyak 1,026 jemaah asal Asia terpaksa diungsikan. Tidak disebutkan para jemaah itu berasal dari negara mana, demikian pula kewarganegaraan dua korban luka.

Juru bicara pertahanan sipil haji, Kolonel Abdullah Al-Orabi Al-Harthy, menyatakan sebanyak enam tim segera diterjunkan ke lokasi setelah laporan kebakaran diterima pertama kali pada pukul 00.30 Kamis dini hari.

Dia mengaku pihaknya  telah berkoordinasi dengan Kementerian Haji untuk menampung para jemaah di tempat yang layak.
Menteri Agama RI Lukman Saifuddin membenarkan adanya insiden kebakaran tersebut.

“Benar, ada kebakaran di kamar nomor 810 pada pemondokan (hotel) jemaah haji kita nomor 403 yang terletak di Aziziyah Syamaliyah,” kata Menteri Agama RI, sebagaimana dilansir Rappler.

Menurut Lukman, kebakaran terjadi karena adanya penghuni yang memasak nasi dengan rice cooker tapi kemudian lama ditinggal pergi.
Kebakaran menyebabkan beberapa jemaah terpaksa dievakuasi ke hotel Holiday Inn yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi hotel yang terbakar.

“Tak ada korban luka… Tapi kondisi hotel berantakan akibat akibat proses pemadaman api oleh petugas pemadam kebakaran,” lanjut Lukman.

Kamis petang, jemaah yang dievakuasi sudah diperbolehkan kembali ke hotel semula.

11 September lalu, satu crane atau alat berat pengangkat material bangunan ambruk di Masjidil Haram,mengakibatkan 107 orang, 11 di antaranya jamaah asal Indonesia, meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL