Beirut, LiputanIslam.com –  Komando operasi militer Hizbullah, merilis statemen mengumumkan berakhirnya keberadaan kawanan teroris Jabhat al-Nusra di dataran tinggi Arsal di kawasan perbatasan antara Lebanon dan Suriah.

“Dengan karunia Allah dan dan berkat darah para syuhada, korban luka, dan para pejuang serta dukungan rakyat kepada prajurit muqawamah (resistensi) dalam perang melawan terorisme, komando pusat operasi muqawamah Islam mengumumkan bahwa dataran tinggi Arsal, Lebanon, dan dataran tinggi Falita, Qalamoun barat (Suriah) telah bersih dari noda teroris takfiri Jabhat al-Nusra, cabang al-Qaeda di kawasan Syam,” bunyi statemen Hizbullah yang berbasis di Lebanon tersebut, Kamis (3/8/2017).

Statemen ini menyatakan bahwa semua tujuan yang direncanakan dalam operasi penumpasan Jabhat al-Nusra telah tercapai, yaitu pembasmian teroris takfiri, pembebasan tanah Lebanon dari pendudukan Jabhat al-Nusra, pembebasan para tawanan muqawamah (Hizbullah) dari tangan Jabhat al-Nusra, dan pemulangan jenazah para pejuang Hizbullah yang gugur dalam perang.

Statemen itu kemudian menegaskan kesiapan pasukan Hizbullah menjalankan instruksi selanjutnya dari  Sayyid Hassan Nasrallah, sekjen Hizbullah.

Pekan lalu pasukan Hizbullah menggelar operasi militer di kawasan Arsal dan berhasil mengalahkan Jabhat al-Nusra hingga kemudian dicapai kesepakatan yang mengharuskan relokasi hampir 8000 orang, termasuk kawanan teroris Jabhat al-Nusra beserta keluarganya, dari Arsal ke Idlib, Suriah. Delapan orang tawanan Hizbullah juga sudah dibebaskan oleh Jabhat al-Nusra sesuai perjanjian tersebut.

Operasi militer Hizbullah yang didukung tentara dan rakyat Lebanon ini berhasil membebaskan sekira 100 kilometer persegi kawasan Lebanon dari pendudukan kawanan teroris Jabhat al-Nusra sehingga menjadi satu langkah besar dalam penumpasan terorisme.

Sejauh ini masih ada kawasan di bagian timur Lebanon yang diduduki kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kerena itu diperkirakan dalam waktu dekat masih akan ada operasi militer lagi untuk pembebasan kawasan tersebut. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL