Hezb militants banner 23423Beirut, LiputanIslam.com – Pasukan Hizbullah di Suriah berhasil menemukan pusat informasi perang Front al-Nusra di Yabroud, Suriah, dan dari situ Hizbullah antara lain juga mengantongi peta kawasan selatan Beirut yang sudah diberi tanda letak basis-basis dan jalur-jalur masuk gerilyawan anti pemerintah Suriah tersebut  ke sana. Demikian diungkap oleh beberapa sumber keamanan kepada Harian al-Jumhuriyyah, Lebanon, Rabu (19/03/2014).

Tiga hari lalu pasukan pemerintah Suriah berhasil menguasai kota strategis Yabroud di kawasan perbatasan Suriah-Lebanon dari tangan gerilyawan bersenjata. Harian al-Jumhuriyyah melaporkan, dari beberapa dokumen dan informasi yang ditemukan oleh Hizbullah diketahui bahwa beberapa jam menjelang jatuhnya Yabroud ke tangan pasukan Suriah sebanyak 15 unit bom mobil telah bergerak dan menyusup ke wilayah Lebanon melalui jalur-jalur rahasia.

Jalur-jalur yang terletak di wilayah Suriah masih dikuasai oleh gerilyawan, sedangkan untuk jalur-jalur yang berada di wilayah Lebanon pihak Lebanon sendiri kesulitan untuk menguasai sepenuhnya karena medannya berupa pegunungan. Namun, menurut Al-Jumhuriyyah, Hizbullah belakangan meningkatkan intensitas pemantauannya terhadap wilayah itu melalui operasi patroli dan pendirian pusat-pusat informasi dan pemantauan.

Al-Jumhuriyyah menambahkan bahwa Hizbullah juga telah mengantongi dokumen-dokumen rahasia yang mengungkap berbagai persoalan penting dan strategis terkait Front al-Nusra dan beberapa gerilyawan bersenjata Suriah lainnya serta pihak-pihak yang menjadi donatur untuk mereka. Para petinggi Hizbullah berjanji akan membongkar dan memublikasikan isi dokumen-dokumen tersebut pada momen yang tepat. (mm/farsnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*