hizbullah di pegunungan lebanonBeirut, LiputanIslam.com –  Untuk pertama kalinya, milisi Hizbullah di Lebanon melancarkan serangan terhadap kelompok teroris takfiri Front al-Nusra dan kelompok-kelompok ekstrimis lain di kawasan Jroud Arsal. Demikian dilaporkan APP berdasarkan keterangan sumber keamanan Lebanon, Rabu (3/6).

Serangan Hizbullah yang memicu kontak senjata sengit ini merupakan kelanjutan dari operasi anti teroris yang dilancarkan Hizbullah di kawasan al-Qalamoun, Suriah, yang juga merupakan ujung barisan pegunungan di bagian timur Lebanon.

“Terjadi pertempuran untuk pertama kalinya hari ini di Jroud  Arsal,” katanya tanpa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai jalannya pertempuran tersebut.

TV al-Manar milik Hizbullah melaporkan bahwa para pejuang Hizbullah di kawasan tersebut telah meraih kemajuan pesat dan berhasil menguasai tiga bukit dan dataran tinggi strategis serta dapat mengepung tempat-tempat bercokolnya para teroris al-Nusra di Arsal.

Arsal merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya Sunni sehingga Hizbullah yang beraliran Syiah selama ini menahan diri untuk tidak menjamah kawasan tersebut demi menghindari kesan adanya konflik sektarian. Namun sekarang Hizbullah tampaknya memiliki pertimbangan lain sehingga mulai memburu para teroris takfiri di kawasan yang juga menjadi tempat penampung puluhan ribu pengungsi Suriah tersebut.

Sumber militer Lebanon mengatakan kepada AFP bahwa tentara Lebanon telah disebar di semua titik yang membentang dari distrik Arsal hingga distrik Ras Baalbek yang berbatasan dengan Suriah. Kawasan ini tidak termasuk wilayah yang menjadi tempat bercokolnya kawanan ekstrimis bersenjata di Jroud Arsal.

Sumber itu enggan berkomentar mengenai perkembangan situasi yang terjadi di Jroud Arsal yang merupakan wilayah perbukitan tandus dan terjal di kawasan timur Lebanon. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL