Beirut, LiputanIslam.com – Kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon memuji perlawanan dan balasan sengit kelompok-kelompok pejuang Palestina terhadap Rezim Zionis Israel. Bersamaan dengan ini pejuang Palestina memublikasi video hujan roketnya ke Israel.

“Faksi-faksi pejuang muqawamah (resistensi) gagah berani Palestina dengan menghadang mesin agresor Zionis terhadap Jalur Gaza telah membuktikan bahwa muqawamah adalah pilihan bagi bangsa pejuang Palestina di depan agresi,” ungkap Hizbullah dalam statemennya, Kamis (31/5/2018).

Hizbullah juga menilai perlawanan bangsa Palestina itu sebagai penolakan terhadap prakarsa damai Palestina-Israel yang diajukan oleh AS dengan nama “Deal of The Century”.

“Muqawamah adalah satu-satunya jalan untuk meruntuhkan apa yang disebut ‘Deal of The Century’ dan prakarsa-prakarsa berbahaya lainnya yang bertujuan menutup berkas perkara Palestina,” tegas Hizbullah.

Hizbullah mengecam keras agresi Israel yang telah memancing reaksi balasan tersebut, dan mengimbau kepada negara-negara dunia agar berpihak kepada bangsa Palestina dan berusaha menghentikan terorisme Israel.

Sementara itu, sayap militer Hamas, Brigade Ezzeddin al-Qassam, memublikasi rekaman video baru yang memperlihatkan sengitnya serangan roket para pejuang Palestina dari Jalur Gaza ke arah permukiman Zionis di wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948).

Brigade Ezzeddin al-Qassam telah melesatkan 180 roket dan mortir ke wilayah Israel pada Selalu lalu (29/5/2018), sebagai reaksi atas provokasi dan aksi pelanggaran Israel. Dilaporkan bahwa gempuran ini mengakibatkan 6 orang Zionis terluka dengan kondisi sebagian di antaranya kritis.

Di pihak lain, jet tempur Israel menyerang berbagai posisi para pejuang Palestina di Jalur Gaza namun tidak sampai jatuh korban.

Pada dini hari Rabu lalu suasana kembali tentang setelah diterapkannya gencatan senjata yang dimediasi oleh Mesir. Para pengamat menilai para pejuang Palestina mendapat kemenangan besar dalam peristiwa ini. (mm/alalam/pic)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*