hezbollah lebanonBeirut, LiputanIslam.com – Wakil Sekjen Hizbullah, Syekh Naim Qassem menyatakan para pejuang Hizbullah berhasil menggagalkan rencana besar para ekstrimis takfiri bersenjata yang berada wilayah alas dan sahara Qalamoun, Suriah, untuk menyerbu beberapa desa di kawasan Lembah Bekaa yang terletak di wilayah perbatasan timur antara Lebanon dan Suriah.

“Belakangan ini kami mendapatkan informasi akurat bahwa para takfiri menghimpun dan menyiapkan personil dalam jumlah besar untuk menyerbu beberapa desa Lebanon di Bekaa, menciptakan tragedi, menangkapi penduduk dan menebar ketakutan,” ujar Qassim dalam sebuah acara yang diselenggarakan Hizbullah, Senin (21/7), sebagaimana diberitakan Rai al-Youm.

“Hizbullah mencium rencana itu, kami lantas menunaikan kewajiban kami menangkal bahaya ini dari Lebanon beserta seluruh pejuang, tentara dan rakyatnya melalui kerjasama dengan pasukan keamanan dan tentara Lebanon,” lanjut Qassem.

Dia bersyukur karena Hizbullah melakukan deteksi dini dan cepat menanggulangi ancaman ekstrimis. Dia menilai seandainya Hizbullah terlambat niscaya di Bekaa akan terjadi seperti apa yang dilakukan kelompok bersenjata Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Mosul, Irak.

“Seandainya Hizbullah terlambat dalam membela Lebanon tak pelak pemerintahan ISIS akan berdiri di Lebanon. Terus terang saya katakan bahwa kami berhasil menggagalkan pemerintahan ISIS di Lebanon,” katanya.

Dia menambahkan, “Seandainya Hizbullah tidak terlibat dalam perang bersama pemerintah Suriah niscaya kita sekarang berperang di dalam rumah kita sendiri, di dalam desa-desa Lebanon, dan di kedalaman wilayah Lebanon hingga Beirut.”

Seperti dilaporkan Rai al-Youm, berkat dukungan Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir ini pemerintah Suriah berhasil menguasai kembali sebagian besar kota dan daerah di kawasan strategis Qalamoun setelah mereka mengusir para pemberontak dan ekstrimis yang semula dapat memanfaatkan sulitnya kondisi medan dan pegunungan untuk melawan pasukan Suriah dan milisi Hizbullah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL