Aleppo, LiputanIslam.com –  Pasukan Hizbullah Lebanon yang didukung oleh beberapa kelompok bersenjata lain telah menguasai sebuah kawasan baru di timur kota Homs, Suriah, dalam pergerakan mereka untuk menguasai lokasi-lokasi pertambangan fosfat di kedalam kawasan al-Badia.

Sumber lapangan, Selasa (25/1/2016), mengatakan kepada DPA, “Para pejuang Hizbullah dan sekutunya dini hari tadi menguasai kawasan Bi’ir al-Fawa’irah di tenggara pangkalan udara militer T4 setelah menghalau ISIS dari sana.”

Sumber anonim itu menjelaskan bahwa kawasan Bi’ir al-Fawa’irah merupakan daerah paling banyak penduduknya di jalur menuju area pertambangan fosfat, dan dengan demikian pembebasan ini akan mempercepat tujuan operasi militer Hizbullah di kawasan ini serta pengamanan pangkalan T4 yang menjadi landasan pacu jet-jet tempur yang menjalankan misi serangan udara.

Jumat pekan lalu Hizbullah dan sekutunya berhasil menguasai perbatasan al-Kaziyah, 90 km tenggara kota Homs.

Perdana Menteri Suriah Imad Khamis dalam kunjungannya ke Teheran pekan lalu telah meneken perjanjian dengan Iran untuk investasi di pertambangan fosfat dan sejumlah proyek pertanian di dekat kawasan pantai Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL