Beirut, LiputanIslam.com –  kelompok pejuang Lebanon Hizbullah dan kelompok pejuang Palestina Hamas menyebutkan Alm. Ayatullah Hasyemi Rafsanjani sebagai tokoh besar pembela Palestina, sementara Presiden Aljazair menyebutnya tokoh yang gigih memperjuangkan solidaritas Islam.

Sekjen Hizbullah Lebanon Sayyid Hassan Nasrallah dalam pernyataan belasungkawanya atas wafatnya Ayatullah Hasyemi Rafsanjani menyebut tokoh besar Iran ini sebagai salah pemuka umat Islam yang membawa bendera perjuangan Palestina dan pantang menerima agenda Zionis.

“Kami telah kehilangan salah satu figur besar umat ini, dan selamanya kami tidak akan melupakan keberpihakannya kepada kami semua gelanggang dan fase…  Beliau gembira atas kegembiraan kami, dan sedih atas kesedihan kami,” ungkap Nasrallah dalam surat belangsungkawanya, Senin (9/1/2017).

Dia menambahkan, “Beliau –semoga Allah merahmatinya- adalah orang meyakini sentralitas persoalan Palestina dan al-Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem), pembawa benderanya, pejuang yang gigih melawan agenda Zionis di Palestina dan kawasan, serta pendukung mutlak urusan, perjuangan dan jihad bangsa Palestina.”

Senada dengan ini, juru bicara kelompok pejuang Palestina Hamas dalam konferensi pers menyatakan, “Ayatullah Hasyemi Rafsanjani merupakan salah satu orang yang berada di sisi rakyat Palestina dalam masalah Palestina. Pada posisi penting dan sentralnya beliau selalu menyokong kami dari waktu ke waktu.”

Pemerintah Iran mengumumkan masa berkabung tiga hari atas wafatnya Ketua Dewan Kebijaksanaan Republik Islam Iran Ayatullah Rafsanjani yang juga mantan presiden Iran. (Baca: Rafsanjani Wafat, Iran Umumkan Masa Berkabung Tiga Hari)

Tokoh Hamas Usamah Hamdan menyatakan bahwa dengan wafatnya Rafsanjani, “Palestina kehilangan tokoh besar yang gigih menyokong kesolidan dan resistensi rakyat Palestina.”

Sementara itu, Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika dalam ucapan belasungkawannya menyatakan, “Sejarah akan menjadi saksi pendiriannya yang gagah berani dan andilnya yang besar dalam memelihara solidaritas umat Islam.”

Dia menambahkan bahwa Iran telah kehilangan “salah satu putera terbaiknya yang tak kenal lelah dalam mengabdi dan membela negaranya dalam semua keadaan dan dengan segala kesulitan yang ada.”

Berbagai negara Islam dan non-Islam, termasuk negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) , kecuali Arab Saudi, menyampaikan ucapan belangsungkawa atas wafatnya Ayatullah Rafsanjani.  (mm/alalam/irna/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL