heli-rusia-di-suriahBeirut, LiputanIslam.com –   Satu unit helikopter Rusia tertembak jatuh, mengakibatkan dua awaknya tewas, dan 20 tentara Suriah juga terbunuh diserang kawanan teroris di provinsi Homs, Senin (19/12/2016)

Sumber militer Suriah mengatakan kepada kantor berita Jerman, DPA, bahwa satu unit helikopter Rusia terjatuh diterjang rudal pemburu panas di daerah pertanian al-Andari, 10 km barat pangkapan udara al-Tifour di bagian timur provinsi Homs. Peristiwa ini menyebabkan dua tentara yang ada di dalamnya tewas.

Kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) melalui kantor beritanya, Amaq, mengaku bertanggungjawab atas penembak jatuhan helikopter Rusia.

Peristiwa ini terjadi bersamaan dengan insiden penembak matian Duta Besar Rusia untuk Turki Andrei Karlov di Ankara, ibu kota Turki. (Baca: Diduga Buntut Perang Aleppo, Dubes Rusia Ditembak Mati di Turki )

Laporan lain dari Observatorium Suriah untuk HAM menyebutkan sedikitnya 20 tentara dan pendukung pemerintah Suriah tewas terkena serangkaian serangan ISIS terhadap pangkalan udara al-Tifour dekat kota Palmyra (Tadmur).

Lembaga yang berbasis di London ini melaporkan bahwa ISIS gencar menyerang kawasan pangkalan udara itu dan bergerak maju di kawasan sekitar pangkalan.

Menurut lembaga yang intensif memantau perkembangan situasi perang di Suriah ini, di pangkalan militer ini terdapat ratusan personil pasukan khusus Rusia, dan ISIS berusaha menyerang dan menguasai pangkalan ini.

11 Desember lalu ISIS berhasil merebut kembali kota Palmyra setelah terusir dari sana pada Maret lalu. (mm/dpa/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL