Damaskus, LiputanIslam.com –   Sumber lokal di Suriah mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah menggunakan beberapa helikopternya untuk memindah sejumlah petinggi kelompok teroris ISIS di Suriah dari kawasan Al-Shadadi ke salah satu pusat pelatihan militer di pinggiran selatan kota Hasakah.

“Beberapa helikopter AS malam lalu merelokasi satu lagi rombongan petinggi ISIS dari kawasan Al-Shadadi ke sebuah markas pelatihan militernya di sis selatan Hasakah,” ujar sumber itu, seperti dilansir kantor berita Suriah, SANA, Senin (26/2/2018).

Dia menambahkan, “Dua helikopter AS malam lalu menjalankan operasinya di kawasan Tuwaimin di tenggara kota Al-Shadadi, dan memindah beberapa unsur ISIS ke markas Sabah Al-Khair yang dijadikan oleh AS sebagai pusat pelatihan kelompok-kelompok teroris.”

Menurut laporan ini, AS masih berusaha memanfaatkan sisa-sisa kawanan teroris ISIS.

Beberapa helikopter AS bulan lalu terbang rendah dari arah pinggiran utara Deir Ezzor menuju kamp Al-Sad dekat Bendungan Al-Basil di selatan Hasakah, membawa sejumlah tokoh ISIS yang menyerah kepada milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokrasi Suriah (SDF).

Dua bulan lalu, helikopter AS juga dilaporkan telah melarikan 47 komandan ISIS dari gempuran militer Suriah ke daerah dekat Bendungan Al-Basil.

Dalam beberapa terakhir AS memberikan berbagai bentuk bantuan kepada ISIS yang bercokol di kawasan gurun Suriah, termasuk memberikan informasi untuk penyerangan ke pangkalan-pangkalan militer Suriah, pemindahan orang-orang asing yang menjadi petinggi ISIS, dan menyelamatkan nyawa mereka dari serangan tentara Suriah dan sekutunya.

Pusat militer Rusia di pangkalan Hmeimin bulan lalu menyatakan bahwa pasukan koalisi pimpinan AS masih bekerjasama dengan sisa-sisa ISIS di Suriah.

Menurut pusat ini, tentara AS di dekat kamp pengungsi kota Hasakah sedang mengorganisir sebuah kelompok teroris bernama “Pasukan Suriah Baru.” (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*