mesir_apacheKairo, LiputanIslam.com – Sedikitnya delapan orang tewas dan delapan lainnya luka-luka terkena serangan helikopter Apache di bagian utara Semenjang Sinai, Rabu malam (23/4/2014). Bersamaan dengan ini, Presiden Interim Mesir Adly Mansour menyatakan negaranya bersikukuh menumpas kelompok-kelompok bersenjata di Semenanjung Sinai.

Sumber militer yang dikutip jaringan berita TV al-Jazeera Kamis (24/4/2014) menyebutkan bahwa serangan Apache itu telah menembakkan lebih dari 15 roket terhadap sasaran-sasaran yang disebutnya sebagai sarang komplotan teroris serta menghancurkan beberapa rumah.

Menurut al-Jazeera, serangan itu terjadi di beberapa lokasi di wilayah Karam al-Qawadis di selatan Sheikh Zuweid, bagian utara Semenanjung Sinai. Selain melibatkan helikopter Apache, serangan itu juga melibatkan beberapa jet tempur Mesir.

Bersamaan dengan ini, Presiden Interim Mesir Adly Mansour dalam kata sambutannya pada peringatan ke-32 tahun pembebasan Sinai menegaskan bahwa Mesir tidak akan berpangku tangan di depan “kawanan teroris dan para suporternya”.

Dia menyampaikan apresiasinya kepada militer dan polisi Mesir dalam “berjuang melawan terorisme”. Dia juga memastikan bahwa tentara dan polisi Mesir sebagai “perisaiu negara” memiliki kemampuan yang cukup dalam membela Mesir.

Menurut Mansour, Semenanjung Sinai sedang menjadi sasaran ancaman baru jaringan teroris yang berusaha mengoyak Mesir menjadi beberapa bagian serta mengacaukan persatuan anak bangsa negeri Piramida ini. Karena itu, dia mengaku bertekad berjuang menumpas akar terorisme di Sinai, membendung aliran dana bagi teroris, dan menindak tegas pihak manapun yang memberikan perlindungan kepada mereka.

Semenanjung Sinai menjadi daerah rawan konflik antara militer Suriah dan kawanan bersenjata sejak era kepresidenan Hosni Mubarak. Kondisi ini berlanjut hingga pasca revolusi Januari 2011 yang menggulingkan Mubarak, serta memuncak pasca peristiwa kudeta militer terhadap Presiden Morsi pada 3 Juli 2013. (mm/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL