Beirut, LiputanIslam.com – Perdana menteri Lebanon yang telah mengundurkan diri, Saad Hariri, dalam wawancara dengan saluran TV Lebanon Al-Muqtaqbal, Ahad (12/11/2017),mengaku akan segera pulang ke Lebanon demi menyudahi kontroversi mengenai keberadaannya di Saudi, negara yang menjadi tempat dia mengumumkan pengunduran dirinya secara mendadak pada 4 November lalu.

Dalam wawancara pertama kali sejak mundur itu dia mengaku dapat bergerak “bebas”  di Saudi, setelah sebelumnya Presiden Lebanon Michel Aoun berbicara mengenai adanya “batasan” pada kebebasan Hariri di Saudi.

“Saya memiliki kebebasan penuh, tapi saya juga ingin menjaga keluarga saya. Saya akan kembali ke Lebanon untuk melakukan beberapa tindakan konstitusional yang diperlukan. Saya akan segera pulang, dua atau tiga hari (lagi),” katanya.

Dia menambahkan, “Saya di sini bebas, dan jika saya ingin bepergian besok maka saya akan pergi.”

Sejak dia mundur telah berkembang berbagai dugaan bahwa dia ditahan atau dipaksa tinggal di Saudi sehingga berbagai pihak di luar negeri bahkan mengaku kuatir atas kondisi ini. Hizbullah menuduh Saudi telah menyiapkan teks pengunduran diri dan memaksa Hariri membacanya.

“Saya sendiri yang menulis teks pengunduran diri, dan saya berharap terjadi benturan positif,” katanya.

Beberapa jam sebelumnya, Presiden Aoun menyatakan bahwa kondisi yang dialami Hariri “membatasi” kebebasannya.

“Semua yang keluar dan akan keluar dari Hariri berupa sikap atau apa yang dikaitkan kepadanya meragukan, tak jelas, dan tak bisa diandalkan atau dianggap sebagai sikap yang memang sepenuhnya memancar dari kehendaknya,” ujar Aoun.

Sejauh ini Aoun belum mengakui pengunduran diri Hariri dan menyatakan baru akan menentukan sikap setelah mendapat penjelasan langsung dari Hariri mengenai sebab pengunduran dirinya.

Media Lebanon dan dunia, termasuk Washington Post dan Reuters, dalam beberapa hari terakhir ini memuat keterangan berbagai sumber bahwa Saudilah yang menekan Hariri supaya meletakkan jabatan. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL