Beirut, LiputanIslam.com – Sumber gerakan Al-Mustaqbal Lebanon, menyatakan bahwa Saad Hariri berada dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi ke Beirut, ibu kota Lebanon, Rabu malam (8/11/2017),.

Sumber itu mengatakan demikian kepada TV Al-Mustaqbal yang merupakan media Hariri sembari menjelaskan bahwa pesawat Hariri telah bertolak dari bandara di Riyadh menuju Beirut.

Namun demikian,  tak lama kemudian Okab Sakr, anggota parlemen yang juga berasal dari kelompok Al-Mustaqbal menepis kabar itu dengan mengatakan kepada saluran TV yang sama bahwa pesawat Hariri masih berada di Riyadh.

Sumber lain yang anonim mengatakan kepada Ray Al-Youm bahwa Hariri akan pulang ke Lebanon hari ini, Kamis (9/11/2017), sesuai perkembangan suasana terkait dengan Presiden Lebanon Michel Aoun dan poros-poros politik di negara ini.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Hariri telah mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan perdana menteri Lebanon sembari mengecam Iran dan kelompok Hizbullah Lebanon.

Iran dan Hizbullah balik mengecam Hariri dan menyebutnya berada di bawah tekanan Saudi sehingga mengundurkan diri.

Presiden Aoun menyatakan tidak akan mengambil keputusan soal pengunduran diri Hariri sampai Hariri sendiri pulang ke Beirut dan memberikan penjelasan langsung kepada Aoun.

Mundurnya Hariri menimbulkan keresahan di Lebanon, dan bahkan banyak kalangan menilainya sebagai pernyataan perang terhadap Hizbullah, namun Sekjen Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah menanggapinya dengan tenang dan meminta masyarakat tetap tenang.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL