Beirut, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri mengaku berkemungkinan tidak jadi mundur karena, menurutnya, perkembangan situasi di negara ini sedang berjalan positif.

“Iklim yang ada postif, dan insya Allah pekan depan, jika masih tetap positif maka saya akan beri kabar baik kepada orang-orang bersama Presiden dan ketua parlemen,” ungkapnya saat mengikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Amin, Beirut, Rabu (29/11/2017).

Mufti Lebanon Abdul Latif Daryan mengatakan kepada Hariri, “Kami memahami pengunduran diri Anda serta sebab-sebabnya, tapi kami tidak mengatakan bahwa kami bersama pengunduran diri ini, dan penangguhan Anda (untuk pengunduran diri) adalah untuk membuka kesempatan dialog dengan tujuan membebaskan Lebanon dari samudera yang bergejolak dan tidak campurtangan dalam urusan saudara-saudara kita sesama Arab.”

Rabu lalu surat kabar La Stampa milik Italia melansir pernyataan Presiden Lebanon Michel Aoun yang memastikan Saad Hariri tetap berada dalam posisinya sebagai perdana menteri, dan krisis politik akan terselesaikan dalam beberapa hari mendatang.

Menurut Reuters, La Stampa juga mengutip pernyataan Aoun saat berkunjung ke Italia bahwa pembicaraan dengan semua elemen politik di dalam dan di luar pemerintah Lebanon sudah selesai, dan telah dicapai kesepakatan yang luas.

Mengenai Hizbullah, Aoun mengatakan bahwa kelompok ini berjuang memerangi ISIS di dalam dan di luar Lebanon, dan jika perang sudah reda maka Hizbullah akan kembali ke Lebanon.

Seperti diketahui, Hariri pada 4 November lalu saat berada di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, mengumumkan pengunduran dirinya sembari menyudutkan Hizbullah dan Iran serta mengaku keselamatannya di Lebanon terancam bahaya.

Tapi dia kemudian pulang ke Lebanon dan menyatakan menangguhkan pengunduruan dirinya dengan alasan demi memenuhi permintaan Presiden Aoun untuk membuka kesempatan dialog. (mm/alalam/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL