pasukan-irak-menuju-mosul2Mosul, LiputanIslam.com – Di hari pertama operasi pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, pasukan Negeri 1001 Malam ini terus bergerak maju dan berhasil membebaskan sedikitnya 21 desa di sebelah timur Mosul serta menguasai persimpangan al-Hamdaniyah dan pusat distrik al-Namrud, Senin (17/10/2016).  Posisi-posisi kelompok teroris di kawasan al-Syura di selatan Mosul mendapat gempuran sengit senjata artileri.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Irak Haider Abadi, Minggu malam (16/10/2016) mengumumkan dimulainya operasi pembebasan Mosul. Pasukan Irak lantas bergerak dari kawasan Khazir di timur laut Mosul menuju kawasan Sahl Ninawa sebagai persiapan untuk serbuan ke Mosul.

Dari kawasan Ali al-Shabaki dilaporkan bahwa setelah mengatasi penghalang berupa parit pasukan Irak bergerak menuju dua titik kawasan; pertama adalah Gunung Sardak dan persimpangan Mosul dan Arbil; kedua, kawasan Wardak.

Seorang perwira Irak, al-Naqib Bishtawan, mengatakan bahwa pada pukul 5.30 dini hari waktu setempat mereka memulai operasi serangan dengan menyerbu beberapa titik kawasan, dan boleh dikata dengan mudah mereka dapat membebaskan semua desa yang menjadi target operasi.

Seorang petempur Irak lainnya mengatakan mereka terus bergerak maju di kawasan Khazir dan membebaskan banyak desa strategis di kawasan Sahl Nineveh hingga mencapai persimpangan distrik Hamdaniyah yang berjarak sekira 25 km dari Mosul.

Di hari pertama operasi itu pasukan keamanan Irak berhasil merebut kembali kawasan seluas lebih dari 40 km persegi dari tangan ISIS tanpa perlawanan yang berarti. Kawanan teroris itu hanya mencoba menghambar gerak maju pasukan Irak dengan meledakkan bom-bom mobil dan memasang ranjau di jalanan.

Amerika Serikat (AS) menyatakan pasukan Irak bergerak maju sesuai rencana, dan Pentagon optimis pasukan Irak akan berhasil merebut kembali kota kedua terbesar di Irak tersebut.

“Indikasi awal ialah bahwa sejauh ini pasukan Irak telah mencapai tujuan mereka dan bahwa mereka lebih cepat dari jadwal untuk hari pertama ini. Ini akan sesuai dengan rencana Irak, tapi sekali lagi, itu awal, ” ungkap jubir Pentagon, Peter Cook.  (mm/alalam/foxnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL