kepulan-asap-perang-mosul2Baghdad, LiputanIslam.com –  Operasi militer Irak untuk pembebasan Mosul di bagian utara negara ini Rabu kemarin (26/10/2016) memasuki hari ke-10. Dilaporkan bahwa sekira 10,000 orang telah mengungsi di provinsi Nineveh, lebih dari 1,000 anggota kelompok teroris takfiri ISIS tewas, lebih dari 80 desa telah bebas, dan pasukan Irak terus mendekati Mosul.

Kementerian Pengungsian Irak dalam statemennya menyatakan total jumlah pengungsi selama operasi militer yang dimulai Senin pekan lalu itu hingga kemarin mencapai 9,795 jiwa yang terdiri atas 1,670 keluarga, dan sebagian besar mereka di tempatkan di empat penampungan utama yang tersebar di selatan, timur dan utara Mosul.

Tiga hari lalu, kepala kepolisian pusat Irak Mayjen Rand Shaker Judat menyatakan total jumlah teroris ISIS yang tewas selama operasi militer itu mencapai lebih dari 700 orang, sementara kawasan yang bebas berjumlah hampir 80 desa.

Rabu kemarin, dilaporkan bahwa jumlah anggota ISIS yang tewas bertambah menjadi 1,100 orang. Sebanyak 150 upaya serangan bom bunuh diri ISIS terhadap pasukan Irak berhasil digagalkan, dan lebih dari 130 posisi ISIS hancur diterjang serangan udara.kepulan-asap-perang-mosul

TV pemerintah Irak melaporkan bahwa pasukan Irak sudah semakin mendekati Mosul. Jarak mereka dengan “dinding pertama” Mosul hanya tinggal 4 km.

Menteri Pertahanan Inggris dalam wawancara eksklusif dengan CNN mengaku yakin Mosul agar segera terkepung total.

Pemerintah Irak berusaha semaksimal mungkin menghindari jatuhnya korban di pihak sipil sehingga pasukan negara ini harus bergerak ekstra hati-hati.

kepulan-asap-perang-mosul3Di pihak lain, ISIS sejauh ini belum menunjukkan perlawanan yang berarti. Kawanan teroris lebih mengandalkan serangan bom bunuh diri, penebaran ranjau di jalanan yang akan dilalui oleh pasukan Irak, dan pembakaran sumur-sumur minyak untuk mencemari udara sehingga banyak penduduk di al-Qayyara mengalami sesak napas.

Sebagaimana diungkapkan oleh Abdul Rahim al-Shamri, anggota parlemen Irak, aksi serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat juga tak kalah hebatnya dengan ISIS dalam mencemari udara. Koalisi ini telah membom sebuah pabrik sulfur dekat Hammam al-Alil, 20 km selatan Mosul, sehingga udara yang tercemar oleh kepulan asapnya sangat mengganggu gerak maju pasukan Irak.  (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL