Bushehr, LiputanIslam.com –  Wakil Presiden Iran merangkap Kepala Badan Tenaga Atom Iran Ali Akbar Salehi menyatakan bahwa pada hari ini, Selasa (31/10/2017), akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan dua reaktor nuklir baru yang disaksikan oleh Dirjen perusahaan tenaga atom Rusia Rosatom, Alexey Likhachev.

Tiba di Bandara Bushehr, Senin (30/10/2017), Salehi mengatakan kepada wartawan bahwa dalam kunjungannya ke kota ini akan dilakukan seremoni peletakan batu pertama fondasi bangunan reaktor nuklir unit 2 dan 3 yang berada di sisi reaktor yang sudah ada sebelumnya di Bushehr.

Dia menjelaskan bahwa dalam kunjungan ini juga akan dibahas mekanisme kegiatan, pengoperasian, dan penyuksesan pembangunan dua unit pembangkit listrik tenaga nuklir ini serta taraf kegiatan Iran dan pihak Rusia dalam penyuksesan proyek. Selain itu juga akan dibahas mekanisme pendanan proyek pembangunan dua fasilitas nuklir di Busher ini bersama pihak Rusa.

Pada November 2014 Rusia dan Iran meneken sejumlah dokumen pengembangan kerjasama bilateral di bidang energi nuklir untuk tujuan damai, termasuk pembangunan dua reaktor nuklir baru untuk pembangkit listrik di Bushehr.

Sesuai kesepakatan, pada awal tahun ini Moskow menerima tahap pertama proyek yang telah disepakati, dan rencananya Rusia akan menggarap proyek tahap kedua yang menjamin pembangunan dua reaktor nuklir lagi pada pertengahan tahun 2016.

Nilai proyek ini diperkirakan mencapai sekira 10 miliar Dolar Amerika Serikat. Rencananya, operasi ujicoba reaktor kedua akan dilakukan pada Oktober 2024, sementara reaktor ketiga pada April 2026. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL