mousa abu marzuk dan syekh maher hamud lebanonBeirut, LiputanIslam.com – Wakil Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Palestina (HAMAS) Mousa Abu Marzook menyatakan tak ada negara Arab dan Islam yang segigih Republik Islam Iran dalam mem membela dan membantu perjuangan rakyat Palestina melawan Rezim Zionis Israel.

Dalam pertemuan Abu Marzook dengan Sekjen Persatuan Ulama Muqawamah se-Dunia Syeikh Maher Hammoud di Beirut, ibu kota Lebanon, keduanya telah mendiskusikan situasi Dunia Islam, khususnya Palestina, menekankan pentingnya perlawanan dan resistensi bangsa Palestina terhadap Rezim Zionis Israel, dan menegaskan bahwa bangsa ini memiliki hak historis yang tak tergoyahkan.

Sebagaimana dilaporkan IRNA, Jumat (12/2), keduanya juga menegaskan bahwa wacana untuk menjadikan Lebanon dan Yordania sebagai negeri alternatif bagi para pengungsi Palestina sama sekali tidak bisa diterima. Lebih jauh keduanya menyinggung dukungan Republik Islam Iran kepada perjuangan Palestina serta mengapresiasi prakarsa Teheran untuk pembebasan seluruh wilayah Palestina. Karena itu keduanya juga menekankan keharusan Hamas dan faksi-faksi Palestina lainnya menjalin hubungan strategis dengan Iran.

Menurut keduanya, sudah seharusnya Iran memberikan dukungan penuh kepada semua kelompok pejuang Palestina, dan meminta supaya dukungan ini dilanjutkan karena pengaruhnya sangat besar bagi perjuangan itu. Abu Marzook dan Syeikh Hammoud menyinggung adanya isu-isu tendensius yang ditujukan untuk merusak hubungan Iran dengan para pejuang Palestina, namun keduanya menegaskan bahwa isu-isu itu tidak akan dapat mempengaruhi hubungan tersebut.

Sementara itu, usai pertemuan dengan Syeikh Hammoud, Abu Marzook kepada wartawan menekan pentingnya dialog faksi Hamas dengan faksi Fatah yang akan diselenggarakan di Doha, ibu kota Qatar, dan menyebutnya akan menguatkan posisi Palestina dalam berhadapan dengan konspirasi Israel. Menurutnya, salah satu konspirasi Israel terlihat dari berkurangnya bantuan dan layanan Lembaga Pertolongan dan Kerja PBB (UNRWA) kepada para pengungsi Palestina di Lebanon sehingga membangkitkan banyak aksi protes. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL