turki erdoganGazaCity, LiputanIslam.com – Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, menyambut baik kemenangan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pemilu presiden Turki dengan perolehan suara sebanyak 53 persen.

“Dari hati yang terdalam, gerakan ini mengucapkan selamat kepada Tuan Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilu presiden Turki,” ungkap Hamas dalam statemennya yang Senin (11/8), sebagaimana dikutip kantor berita Turki, Anadolu.

Hamas juga menyebut kemenangan capres Partai Keadilan dan Perkembangan Turki (AKP) itu sebagai “keberhasilan bagi semua orang Palestina dan kemenangan bagi Gaza, al-Quds dan Ramallah.”

Ahad sore (10/8) Erdogan diumumkan sebagai pemenang pemilu presiden Turki pada putaran pertama pemilihan secara langsung untuk pertama kalinya. Komisi pemilu Turki hari itu menyatakan hampir seluruh surat suara telah selesai dihitung dan menghasilkan kemenangan mutlak Erdogan.

Kemenangan Erdogan juga mendapat sambutan baik dari Uni Eropa Senin kemarin. Dalam sebuah statemen bersama, Dewan Uni Eropa dan Komisi Uni Eropa menyampaikan ucapan selamat sekaligus motivasi kepada Erdogan agar mengadopsi pendekatan yang lebih kompromistis.

“Kami mengucapkan selamat atas keterpilihan Anda sebagai Presiden Republik Turki,” ungkap Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy dan Ketua Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso, sebagaimana dikutip PressTV.

Mereka menambahkan, “Kami percaya Anda akan memainkan peran yang mendamaikan pada posisi baru Anda, dan berusaha mengayomi semua komunitas, kepercayaan, sensitivitas, opini dan gaya hidup masyarakat Turki.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL