palestina bendera2GazaCity, LiputanIslam.com – Petinggi Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, Mushir al-Masri, menegaskan bahwa perang selanjutnya antara para pejuang Palestina dan pasukan Zionis Israel akan berkobar di Baitul Maqdis (Jerussalem) dalam rangka membela Masjid al-Aqsa. Demikian diberitakan oleh situs berita Palestina, Falastin al-Youm.

“Operasi al-Ashf al-Ma’kul (sandi operasi Hamas dalam Perang Gaza) adalah awal dan reaksi pejuang muqawamah (perlawanan terhadap Isral), sedangkan perang selanjutnya tidak akan terjadi kecuali di al-Quds (Baitul Maqdis) dan di gerbang-gerbang Masjid al-Aqsa demi membela masjid ini,” ungkapnya dalam sebuah acara mengenang para syuhada Palestina di Gaza, Jumat kemarin (14/11).

Untuk diketahui, Jumat kemarin Israel terlihat mulai mengendurkan sikapnya terkait Masjid al-Aqsa menyusul memuncaknya gejolak di Baitul Maqdis serta berbagai kawasan lain di Tepi Barat dan bahkan wilayah Israel sendiri (Palestina pendudukan 1948). (Baca juga: Israel Menyerah, 40,000 Jamaah Jumat Banjiri Masjid al-Aqsa)

Sementara itu, seorang pejabat Israel berharap segera terjalin kesepakatan gencatan senjata permanen sebelum perang berkobar lagi. Kepala Dewan Regional Eshkol Haim Yellin dalam wawancara dengan TV Israel Channel 7 mengatakan, “Jelas bahwa Hamas terus membuat terowongan dan menyiapkan diri untuk konfrontasi mendatang, dan di sini masalahnya hanya menunggu waktu.”

Dia kemudian menyoal klaim-klaim Tel Aviv bahwa misinya dalam Perang Gaza sudah tercapai.

“Apakah tentara Israel sudah mencapai tujuannya dalam Perang Gaza? Lantas mengapa sampai sekarang belum ada tindakan untuk kesepakatan gencatan senjata jangka panjang?” cecarnya.

Lebih lanjut Yellin menilai bahwa Mesir dewasa ini tidak menginginkan dialog dengan Hamas. Karena itu, dia menyarankan supaya Tel Aviv menghubungi Riyadh dan meminta bantuan kepada Arab Saudi untuk menggalang gencatan senjata jangka panjang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL