iran hamasTeheran, LiputanIslam.com – Ketua delegasi Hamas yang berkunjung ke Teheran, ibu kota Iran, Mohammed Nasr, mengatakan bahwa pernyataan Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei untuk mempersenjatai Tepi Barat membuat Israel ketakutan.

“Ide ini menguatkan posisi kubu muqawamah (perlawanan terhadap Israel), dan membuat rezim pendudukan (Israel) ketakutan,” ungkapnya dalam pertemuan dengan ketua parlemen Iran Ali Larijani di sela-sela konferensi internasional “Dunia Bebas Dari Kekerasan dan Radikalisme” yang berlangsung di Teheran, Rabu (10/12), sebagaimana dilansir lembaga pemberitaan Iran, Fars.

Dia mengapresiasi dukungan Iran selama ini kepada para pejuang Palestina dan menyebutnya berperan besar dalam perjuangan bangsa Palestina melawan Israel, khususnya dalam Perang Gaza yang berlangsung 51 hari sejak Juli hingga Agustus lalu.

Menurutnya, Hamas sangat mengutamakan penguatan “hubungan historis dan lama” dengan Republik Islam Iran.

“Mengingat gentingnya situasi kawasan dewasa ini, kesadaran kedua pihak terhadap pentingnya kerjasama dan koordinasi akan sangat membantu penyelesaian masalah Palestina,” ujarnya.

Di pihak lain, Ali Larijani menegaskan urgensi dukungan umat Islam kepada perjuangan bangsa Palestina melawan Israel.
Rombongan delegasi Hamas, berada di Teheran sejak beberapa hari lalu untuk menemui para petinggi negara republik Islam ini.

Rombongan itu dipimpin Mohammed Nasr, anggota Biro Politik Hamas, serta melibatkan beberapa tokoh Hamas lain yaitu Maher Ubaid dan Jamal Isa yang juga anggota Biro Politik Hamas serta Usamah Hamdan, ketua bidang hubungan internasional Hamas.

“Kunjungan ini bertujuan memperkuat hubungan bilateral dengan Republik Islam Iran melalui sesuatu yang membantu muqawamah dan bangsa Palestina,” ujar Israel Ridwan, petinggi Hamas kepada Palestinian Information Center, Senin (8/12). (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL