hamas abu marzoukGazaCity, LiputanIslam.com –  Anggota Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, Mousa Abu Marzook mengungkapkan rasa prihatinnya atas perang antarsesama negara Arab dan Islam di TimurTengah. Dia mengingatkan bahwa tidak orang yang diuntungkan oleh perselisihan antarnegara Arab kecuali kaum Zionis Israel yang menjajah Palestina.

“Untuk mengatasi pertikaian internal Arab masih ada tempat untuk dialog dan duduk bersama semua pihak di satu meja. Hanya pihak musuh, Zionis,-lah yang mendapatkan keuntungan dari pertikaian ini,” katanya, sebagaimana dilansir Falastin al-Youm, Selasa (26/5).

Dia menambahkan, “Umat ini satu, masa depan dan musuhnya juga satu, dan dengan persatuan ini tidak akan kalah… Sebesar apapun perselisihan yang ada hanya akan terselesaikan di meja perundingan. Tidak akan ada yang menang dalam perang saudara, dan siapapun yang terlibat dalam perang ini tidak akan mendapatkan hasil apa-apa.”

Sementara itu, otoritas Palestina menolak usulan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk merundingkan masalah permukiman Zionis.  Menurut laporan laman 24 yang berbasis di Uni Emirat Arab, Menteri Luar Negeri Palestina Riyadh al-Maliki mengatakan kepada radio resmi Palestina bahwa ajakan Netanyahu kepada pihak Palestina untuk merundingkan masalah perbatasan permukiman Zionis hanyalah “kebohongan dan penipuan” belaka.

“Netanyahu tidak memiliki keputusan untuk menghentikan permukiman (Zionis) dan pembentukan negara merdeka Palestina dengan perbatasan tahun 1967 dan ibu kota Baitul Maqdis. Ajakan ini hanya dimaksudkan oleh Netanyahu untuk mendapatkan waktu lebih banyak untuk membebaskan Israel dari keterkucilannya di kancah internasioanal yang terjadi akibat ulah Netanyahi sendiri,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa pihak Palestina berkeyakinan bahwa Israel dengan komposisi pemerintahannya seperti yang ada sekarang tidak akan serius di jalur perundingan dengan Palestina.

Sebelumnya, Netanyahu dalam pertemuan dengan pejabat politik luar negeri Uni Eropa mengaku berhasrat untuk memulai perundingan dengan pihak Palestina mengenai peresmian pendudukan Zionis di berbagai tempat di Tepi Barat. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL