Hamas-FatahGazaCity, LiputanIslam.com – Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, menyambut baik resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai agresi Israel terhadap Jalur Gaza pada Juli hingga Agustus tahun lalu. Hamas menilai resolusi itu sebagai kecaman terhadap entitas Israel.

“Gerakan Hamas menyambut baik kecaman resolusi PBB terhadap rezim pendudukan Zionis berkenaan dengan agresi terbaru dan kejahatan perangnya terhadap Gaza,” ungkap Fawzi Barhum, juru bicara Hamas, kepada AFP Senin (22/6).

Dia menambahkan, “Resolusi ini menuntut dibawanya para pejabat Israel ke Mahkamah Pidana Internasional, dan juga harus dikenai hukuman atas kejahatannya terhadap bangsa kami dan terhadap Gaza.”

Sementara itu, anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Mostafa Barghouti kepada AFP mengatakan bahwa apa yang dinyatakan dalam resolusi PBB itu akan memperkuat upaya Palestina di Mahmakah Pidana Internasional.

“Apa yang dinyatakan dalam resolusi berkenaan dengan kejahatan perang Israel di Gaza memperkuat fokus kami kepada Mahkamah Pidana Internasional,” tuturnya.

Dia juga mengatakan bahwa pihak Palestina sendiri juga siap menghadapi tuduhan telah melakukan kejahatan.

Resolusi PBB menyinggung soal aksi penghancuran yang dilakukan Israel secara besar-besaran di Gaza. Disebutkan bahwa Israel melancarkan lebih dari 6000 serangan udara serta menembakkan sekitar 50,000 peluru artileri dalam invasi militernya yang berlangsung selama 51 hari hingga menjatuhkan ribuan korban yang sepertiga di antaranya adalah anak kecil yang tak berdosa. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL