Gaza, LiputanIslam.com – Kelompok pejuang Palestina Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza dan kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon mengapresiasi serangan para pejuang Palestina terhadap kaum Zionis di Tepi Barat, dan menyebutnya sebagai bukti  bahwa muqawamah (resistensi) masih hidup di Tepi Barat.

“Api perlawanan di Tepi Barat akan tetap hidup sampai pendudukan Israel dikalahkan dari keseluruhan tanah kami, dan hingga kami mendapatkan kembali hak kami secara penuh,” tegas Hamas dalam sebuah statemennya, Kamis (13/12/2018).

Senada dengan Hamas, kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon menyatakan bahwa perkembangan situasi di Tepi Barat membuktikan kemampuan dan jauhnya jangkauan kubu muqawamah (resistensi).

Hizbullah memuji serangan para pejuang Palestina dengan menyebutnya “tindakan istimewa dan inovasi para mujahidin Palestina dalam melancarkan beberapa serangan terhadap musuh di sejumlah tempat secara bersamaan, dan ini juga menunjukkan bahwa kubu muqawamah selalu siap melawan kubu agresor.”

Hizbullah menambahkan, “Operasi hari ini merupakan ungkapan jujur tentang opsi bangsa Palestina dengan mengandalkan resistensi sebagai satu-satunya jalan pembebasan tanah airnya, sebesar apapun pengorbanannya.”

Hizbullah mengucapkan selamat kepada bangsa Palestina atas kesyahidan Ashraf Naalweh, 23 tahun, pelaku serangan di Burkan dan  Salah Omar Barghouti, 29 tahun, pelaku serangan di Burkan.

“Darah para mujahidin dan orang-orang mulia akan terus mengejar kaum Zionis penjajah hingga mereka mengalahkan Zionis dan mencetak kemenangan,” tegas Hizbullah.

Di pihak lain, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersumpah untuk melegalkan ribuan rumah pemukiman Yahudi yang dibangun tanpa izin Israel di Tepi Barat.

Dia juga berjanji untuk mempercepat pembongkaran rumah warga Palestina pelaku serangan dalam waktu 48 jam, meningkatkan penahanan anggota Hamas yang sudah berada di penjara Israel, dan meningkatkan pengerahan pasukan Israel di Tepi Barat.

“Prinsip panduan kami adalah siapa pun yang menyerang kami dan siapa pun yang mencoba menyerang kami – akan membayar dengan nyawanya. Musuh kita tahu ini dan kita akan menemukan mereka,” sumbarnya. (mm/wafa/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*